Vaksin sebelum menikah untuk masa depan yang lebih baik

5 Jenis Vaksin penting Untuk Pasangan yang akan Menikah (Premarital Vaccines)

Premarital vaccines & Check Up, Penting bagi calon pasangan suami-istri ! karena Kesehatan adalah aset seumur hidup.

Dalam artikel ini kamu akan menemukan jenis-jenis vaksin apa saja yang direkomendasikan untuk calon pasangan suami istri.

5 vaksin di bawah ini direkomendasikan untuk mencegah penularan penyakit-penyakit dari suami ke istri dan sebaliknya. Tidak hanya itu, vaksin-vaksin ini juga mencegah penularan penyakit dari ibu ke janin dalam kandungan; beberapa infeksi virus seperti rubella dan varicella (cacar air) dapat berakibat fatal bagi janin jika ibu tertular pada saat hamil.

HPV (Human Papiloma Virus)

HPV adalah virus yang dapat menyebabkan kanker serviks dan kutil kelamin pada wanita dan penyebab kutil kelamin pada pria. Pria dan wanita perlu mendapat vaksinasi ini dengan merk yang berbeda. Setiap jam ada 1 wanita meninggal karena kanker serviks di Indonesia.
Sebaiknya diberikan sebelum menikah sebanyak 3x suntikan (bulan 0, 1 atau 2, 6).

Hepatitis B

Penyakit ini menular melalui cairan tubuh yang terkontaminasi, menyebabkan sakit kuning dan radang liver, bahkan sirosis dan kanker hati. Mudah sekali untuk dicegah dengan imunisasi.
Sebaiknya diberikan setelah pemeriksaan darah HbsAg dan Anti Hbs, suntikan 3x (bulan 0,1,6)

MMR (Mumps- Measles- Rubella)

Tujuan orang menikah salah satunya adalah untuk mendapatkan keturunan. Jangan sampai harapan ini kandas karena anda/ pasangan terkena gondongan. Mumps/ gondongan menjadi penyebab infertilitas/tidak suburnya seorang pria maupun wanita. Rubella pada ibu hamil pun berdampak buruk bagi bayi karena bayi akan mengalami katarak seumur hidupnya sejak lahir.
Vaksin ini hanya diberikan 1x sebelum menikah. Harus diberikan dalam keadaan sehat.

Varicela Zoster Virus

Adalah suatu mitos bahwa cacar harus diderita semua orang. Seseorang yang tidak pernah menderita cacar air, tidak akan mengidap sakit herpes. Cacar air/ herpes pada ibu hamil trimester akhir akan menghasilkan bayi yang dilahirkan pun menderita cacar air.
Vaksin ini hanya diberikan 1x sebelum menikah. Harus diberikan dalam keadaan sehat.

Tdap – Tetanus, Difteri, Pertussis

Vaksin tetanus tidak hanya memberikan perlindungan pada ibu yang melahirkan juga antibodi yang dibentuk oleh ibu akan masuk ke dalam darah bayi melalui tali pusat.Namun pada era modern seperti sekarang ini, para dokter dan bidan yang bertugas menangani persalinan telah memakai peralatan pertolongan persalinan yang telah disterilisasi, sehingga kemungkinan terjadinya paparan terhadap kuman Tetanus dapat diminimalisir. Imunisasi TT ini sifatnya optional.

Jarak vaksin hpv yang ideal:


7 bulan sebelum menikah : HPV (I), Hepatitis B (I)
6 bulan sebelum menikah : HPV (II), Hepatitis B (II)
4 bulan sebelum menikah : Vaksin cacar air, vaksin MMR
1 bulan sebelum menikah : HPV (II), Hepatitis B (II)

Namun tidak ada kata terlambat! Semua jadwal imunisasi ini dapat disesuaikan kebutuhan/kondisi Anda. Untuk jadwal terbaik, diskusikan dengan konsultan imunisasi kami sebelumnya!

Semua vaksin diberikan pada pihak pria dan wanita.

CALL NOW !!!

Jl Percetakan Negara IV B No 48
(Seberang Penjara Salemba, Belakang Klinik 24 Jam Rawasari )
Jakarta Pusat

Telp 021 422 0214 / 021 424 8790

LINK WHATSAPP : Vaksinasi

Baca juga :




×
Hallo