Vaksin HPV – Semua yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Kanker Serviks dan HPV

Kanker Serviks dan HPV adalah dua hal yang berbeda namun berkaitan. Kanker serviks adalah penyakitnya, sedangkan HPV adalah faktor utama penyebab terjadinya kanker serviks pada kaum hawa. Melalui artikel ini, klinikvaksinasi.com berharap mampu menjawab semua pertanyaan Anda yang berkaitan dengan penyakit mematikan ini.

Hal utama yang perlu kami tekankan di sini adalah, penyakit ini bisa dicegah dengan vaksinasi, tidak seperti kebanyakan jenis kanker lainnya. Mengenai vaksinnya akan kita bahas lebih lanjut, namun sebelum itu, klinikvaksinasi.com akan mengajak Anda untuk membahas lebih dalam mengenai penyakit ini untuk memperjelas beberapa hal karena masih banyak pemahaman kurang tepat yang beredar di masyarakat.

mari kita mulai dengan membahas mengenai faktor penyebabnya.

Faktor Penyebab Kanker Serviks

Sesuai namanya, kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada serviks (leher rahim) manusia. Tumbuhnya kanker ini pada tubuh manusia masih menjadi topik yang diperbincangkan banyak orang dan berikut kami rangkum hal apa saja yang mampu memicu pertumbuhan kanker ini pada tubuh seseorang.

  1. Infeksi HPV (Human Papiloma Virus) Virus ini dikenal sebagai virus penyebab kanker serviks. Bahkan dari seluruh kasus kanker serviks yang ada, 99% nya diakibatkan oleh infeksi virus ini. Ya, berbeda dengan pendapat yang banyak diketahui orang, penyebab utama tumbuhnya kanker serviks bukanlah karena faktor genetik, makanan yang kurang sehat, pengaruh bahan kimia pada pembalut, konsumsi alkohol ataupun asap rokok, melainkan karena infeksi virus ini. Beberapa hal yang kami sebutkan diatas bisa menjadi faktor resiko, namun bukanlah merupakan faktor utama penyebab kanker serviks. Bahkan faktor-faktor selanjutnya pada daftar ini akan selalu ada kaitannya dengan infeksi HPV.

  2. Berhubungan Intim dengan Orang yang Terinfeksi HPV tidak hanya mampu mengakibatkan kanker serviks, tetapi juga kutil kelamin pada pria. Kaum Adam yang terinfeksi dan memiliki kutil kelamin akan mampu menjangkiti perempuan dengan HPV melalui hubungan intim. Begitu pula sebaliknya, perempuan yang terjangkit HPV bisa menularkannya pada lawan jenis dan mengakibatkan tumbuhnya kutil kelamin pada pria. Oleh karena itu, seks dan pergaulan bebas bukanlah hal yang baik karena meningkatkan kemungkinan terjangkit virus ini.

  3. Berhubungan Intim di Usia Dini Sejatinya, HPV bisa menjangkit perempuan pada berbagai usia. Namun lebih berbahaya jika perempuan terinfeksi sejak dini. Karena artinya kita memberikan waktu yang lebih panjang bagi virus ini untuk berkembang dalam tubuh.

  4. Tidak Melakukan PAP Smear / IVA Test Pap Smear ataupun tes IVA adalah dua metode serupa yang digunakan dalam dunia medis untuk mendeteksi / skrining kanker serviks. Hingga saat ini tidak ada cara mendeteksi kanker serviks sendiri. Harus dibantu oleh tenaga medis ahli. Perlu dicatat bahwa kanker serviks, seperti kanker-kanker lainnya, membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun untuk berkembang sebelum mengganas (memasuki stadium 4) dan membahayakan tubuh. Saat kanker serviks masih berbentuk lesi (sel pra kanker), maka saat itu masih mudah disembuhkan. Dokter, bidan, ataupun perawat yang sudah terlatih akan mampu mengangkat lesinya dan kanker serviks pun akan hilang. Lakukanlah pap smear / iva test secara rutin minimal setengah tahun sekali jika sudah pernah melakukan hubungan intim. Kedua cara skrining / pemeriksaan kanker serviks ini bagi yang belum menikah pun bisa dilakukan, dengan catatan, pasien sudah pernah berhubungan intim sebelumnya.

Kanker serviks adalah jenis kanker yang terjadi pada sel-sel leher rahim yang terletak pada bagian rahim yang terhubung ke vagina. Human Papillomavirus atau HPV adalah virus yang menyebabkan sebagian besar kasus kanker serviks, yaitu salah satu penyakit menular seksual yang sangat menular melalui hubungan seksual atau kontak langsung kulit ke kulit di daerah genital.

vaksin hpv

Virus HPV memiliki beragam jenis. Sekitar 40 persen dari seluruh jenis HPV dapat menyebabkan infeksi di daerah kelamin. Di samping itu, beberapa jenis tertentu dapat memicu kanker serviks.

Berikut ini beberapa jenis vaksin HPV yang kini dapat dimanfaatkan guna mencegah virus HPV, yaitu :

  1. Cervarix

Vaksin jenis ini akan mencegah infeksi HPV-16 dan HPV-18 yang secara umum menjadi penyebab kanker. Vaksin HPV ini ditujukan hanya untuk wanita.

  1. Gardasil

Vaksin jenis ini digunakan untuk mencegah kanker dan pra kanker serviks, vulva, vagina dan anus. Selain mencegah infeksi yang disebabkan HPV-16, HPV-18, Gardasil juga menangkal infeksi HPV-6 dan HPV-11 sebagai penyebab kutil kelamin. Untuk laki-laki, penggunaan vaksin ini dapat dilakukan mulai dari usia 9 tahun.

  1. Gardasil 9
Gardasil 9

Cakupan pencegahan infeksi HPV dari vaksin ini lebih luas dari Gardasil sebelumnya, yaitu termasuk HPV-31, HPV-33, HPV-45, HPV-52, dan HPV-58 yang terkait erat sebagai penyebab kanker serviks. Untuk laki-laki, Gardasil 9 dapat digunakan untuk usia 9-15 tahun.

Author Info

admin

Comment ( 1 )

Post a Comment

13 − 8 =

×
Hallo