Kenapa Berat Badan Naik saat Bulan Ramadhan?

Padahal Berpuasa, Tapi Berat Badan Naik. Kok Bisa?

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat diidamkan oleh umat muslim. Karena di dalamnya terdapat banyak manfaat, mulai dari banyaknya amalan yang pahalanya dilipat gandakan, hingga efek kesehatan yang diakibatkan oleh berpuasa selama sebulan penuh.

Berpuasa selama sebulan penuh melatih sistem pencernaan kita untuk bekerja dengan lebih baik. Selama bulan Ramadhan, kita banyak mengistirahatkan sistem pencernaan hingga dampaknya kita akan memiliki sistem pencernaan yang lebih sehat dan berat badan pun menjadi lebih ideal. Namun pernahkah Anda mengalami kenaikan berat badan pada saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan?

Naiknya berat badan memang bukan selalu berarti hal yang buruk, akan tetapi kita akan membahas beberapa hal kurang sehat yang bisa memicu naiknya berat badan dan berkaitan dengan ibadah puasa yang kita jalani. Apa saja hal-hal tersebut?

1. Makan Berlebihan saat Berbuka Puasa

Banyak dari kita yang berbuka tidak memperhatikan sehat atau tidaknya makanan yang dikonsumsi dan kita mengonsumsinya sebanyak mungkin untuk menghilangkan lapar dan dahaga. Ini adalah hal yang kurang baik.

2. Kurang Tidur

Banyak juga diantara kita yang memilih untuk bergadang sampai sahur karena mungkin takut sahur kesiangan atau bahkan karena memang sedang libur. Ini adalah hal yang kurang sehat untuk tubuh karena akan mengganggu metabolisme tubuh.

3. Kurang Melakukan Aktivitas Fisik

Berpuasa cenderung membuat orang membatasi olah raga. Ini hal yang kurang baik, justru kita tetap harus berolah raga setidaknya setengah jam sebelum berbuka.

4. Langsung Tidur Setelah Sahur

Tidur setelah sahur akan menghambat proses pencernaan. Kalori yang harusnya dibakar malah dibiarkan menumpuk di dalam tubuh karena alih-alih mulai beraktivitas, kita memilih untuk langsung tidur.

Berat badan ideal lagi setelah berpuasa? bagaimana caranya?

Datangnya bulan syawal bisa jadi cukup menantang bagi kita yang ingin menjaga berat badan ideal, pasalnya, banyaknya acara kumpul bersama keluarga berarti hidangan yang lezat juga banyak tersedia. Tapi hal ini bisa kita siasati. Berikut adalah tips-tips yang bisa kita lakukan untuk menurunkan berat badan, terutama setelah bulan puasa berakhir:

1.Jangan Ngemil Terlalu Banyak

Hidangan dan cemilan kue kue lebaran ada banyak dan menggiurkan. Nah hati-hati, jangan sampai kita kalap dan kebanyakan ngemil di hari raya. Prioritaskan makan makanan bergizi seimbang.

Salah satu dampak dari berpuasa adalah turunnya berat badan karena pencernaan yang sehat. Sistem pencernaan bisa diibaratkan dengan sistem pada komputer kita. Saat dipakai terus menerus, bisa jadi rusak dan tidak bekerja dengan baik. Saat berpuasa kita memberikan waktu bagi sistem pencernaan kita untuk beristirahat dan menyembuhkan diri, sehingga mereka bisa bekerja dengan baik saat kita gunakan.

jika terlalu banyak ngemil, artinya kita tidak memberikan waktu untuk pencernaan kita supaya beristirahat dan akibatnya pencernaan tidak akan bekerja dengan optimal.

2. Tingkatkan Aktivitas Fisik

Gaya hidup sedenter akan membuat kita kesulitan dalam menyalurkan energi. Tubuh kita diisi makanan terus menerus, dan menghasilkan energi. Tentunya energi yang tidak tersalurkan akan membuat tubuh menyimpan cadangan ‘bahan bakar’ dalam bentuk timbunan lemak

3. Tetap Berpuasa Rutin

Berpuasa merupakan salah satu cara diet yang baik karena membantu kita disiplin dalam mengatur makan dan minum. Meskipun bulan ramadhan telah selesai, kita sebaiknya tetap rutin melakukan puasa meski tidak setiap hari. Puasa akan membantu kita dalam mengatur berat badan dan mengistirahatkan sistem pencernaan.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

19 − four =

×
Hallo