Imunisasi MMR – Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Imunisasi

Imunisasi MMR kini telah hadir kembali di Indonesia. Meskipun pada tahun sebelumnya sudah ada program imunisasi MR gratis dari pemerintah, tentunya ini adalah kabar baik bagi kita sebagai orang tua yang ingin melengkapi imunisasi si kecil. Sebelumnya, mendapatkan imunisasi ini sangatlah sulit, kita harus berkunjung ke Malaysia atau Singapura terlebih dahulu. Sebagai informasi, vaksin ini ditujukan untuk melindungi anak dari 3 jenis penyakit yang sangat mudah menular yaitu mumps (gondongan), measles (campak), dan rubella (campak Jerman). Pada orang dewasa, vaksin ini sangat dianjurkan untuk diberikan pada pasangan yang akan menikah. Tujuannya adalah supaya melindungi kehamilan dari ketiga penyakit tersebut, terutama rubella. Penyakit ini mungkin gejalanya ringan, namun sangat berbahaya jika menyerang ibu hamil; rubella bisa menyebabkan keguguran atau bahkan ada kemungkinan anak akan menyandang cacat seumur hidup jika saat dalam kandungan, ibunya pernah terjangkit rubella. Kondisi ini disebut congenital rubella syndrome.

Imunisasi MMR dan Efek Sampingnya

Tindakan medis apapun, termasuk pemberian vaksin, selalu memiliki kemungkinan timbulnya reaksi efek samping. Biasanya, reaksi-reaksi ini ringan dan akan hilang dengan sendirinya, namun reaksi yang lebih serius juga bisa terjadi. Efek samping setelah pemberian vaksin MMR :

• Pegal

• Demam

• Kemerahan di area penyuntikan

• Bengkak di leher atau pipi

• Kejang, biasanya terjadi karena demam

• Nyeri sendi, terutama pada remaja atau wanita dewasa

• Ruam di seluruh tubuh Terkadang setelah tindakan medis, termasuk vaksinasi, seseorang dapat pingsan. Duduk atau berbaring selama 15 menit setelah penyuntikan dapat mencegah cedera yang diakibatkan jatuh karena pingsan.

Beritahukan kepada dokter atau vaksinator jika Anda merasa pusing, mata berkunang-kunang, atau jika Anda merasa mendengar dengungan di telinga setelah vaksinasi.

Imunisasi MMR , Kapan Boleh Diberikan Pada Anak?

Menurut jadwal imunisasi IDAI 2017, vaksin ini sudah boleh diberikan kepada anak saat berusia 15 bulan dengan dosis booster diberikan pada usia 5 tahun. Jika anak Anda sudah berusia lebih dari 15 bulan namun belum menerima vaksin ini, segeralah kunjungi klinik vaksinasi terdekat dan mendapatkan imunisasi susulan.

Imunisasi MMR
Imunisasi MMR – Jadwal Imunisasi IDAI 2017

Imunisasi MMR , Siapa Saja yang Dilarang Mendapatkannya?

Meski sangat bermanfaat dan efektif, namun vaksin ini bukanlah untuk semua orang. Ada orang-orang tertentu yang dilarang mendapatkan imunisasi ini. Siapa saja?

• Memiliki alergi terhadap komponen penyusun vaksin. Seseorang yang pernah mendapatkan vaksin MMR dan menunjukan reaksi alergi berat, atau memiliki alergi terhadap komponen penyusun vaksin MMR, sebaiknya tidak mendapatkan imunisasi ini lagi. Tanyakan kepada dokter atau tenaga medis lainnya jika Anda tertarik untuk mengetahui komposisi dari vaksin ini.

• Sedang hamil. Ibu hamil harus menunggu sampai setelah melahirkan sebelum mendapatkan vaksin ini. Jika ternyata Anda hamil sebelum suntikan dosis kedua diberikan, maka dosis kedua harus menunggu setelah si kecil lahir dan tidak lebih dari satu tahun setelah dosis pertama diberikan.

• Memiliki sistem imun yang lemah karena penyakit (seperti kanker atau HIV/AIDS) atau kerena menjalani perawatan medis tertentu seperti perawatan dengan radiasi, immunotherapy, steroid, atau chemotherapy. • Memiliki orang tua atau saudara kandung dengan riwayat daya tahan tubuh yang bermasalah.

• Pernah berada dalam kondisi tertentu yang menyebabkan tubuh mudah memar atau berdarah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa masalah, seperti misalnya karena usia yang sudah lanjut atau karena hal yang lebih serius seperti kerusakan liver, leukemia, dan hemophilia

• Disuntik vaksin lain dalam 4 bulan terakhir. Vaksin hidup yang diberikan dengan jarak terlalu dekat (kurang dari satu bulan) tidak akan membentuk kekebalan maksimal dalam tubuh. Contoh vaksin hidup : vaksin cacar air, polio oral, herpes zoster, yellow fever, Japanese encephalitis, rotavirus, campak, dan vaksin BCG.

• Sedang tidak enak badan. Sakit ringan seperti pilek biasanya masih dibolehkan untuk divaksin. Jika kondisi Anda cukup parah seperti mengalami demam tinggi mungkin harus menunggu dulu; konsultasikan dengan dokter Anda. Imunisasi MMR kini sudah lebih mudah didapat.

Namun jika Anda masih kesulitan mendapatkan Imunisasi tersebut, kunjungilah klinik atau  rumah vaksinasi terdekat, inHarmony Clinic di 021-422 0214 atau 021- 424 8790 . Hubungi juga whatsapp kami di nomor 0878 0402 2816.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

one × 1 =

×
Hallo