Coronavac, Vaksin Corona Buatan Cina, Diujicoba di Indonesia

klinikvaksinasi– Pembuatan vaksin corona merupakan terobosan baru di bidang produksi vaksinasi. Mulai dari cara mendapatkan sample virus, hingga proses pembuatan vaksin dan ujicoba manusia, semua dilakukan dalam waktu kurang dari 1 tahun. Sebelumnya, proses pembuatan vaksin sangatlah rumit dan membutuhkan waktu sangat lama sebelum bisa dinikmati oleh semua orang.
Ini adalah sebuah pencapaian. Ini menandakan bahwa kemajuan manusia sungguh sudah sangat pesat, setidaknya dalam bidang ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang medis dan pembuatan vaksin. Dalam video di atas, dr Kristo menyambut dengan antusias datangnya vaksinasi ini di Indonesia.

Coronavac – Ujicoba Sesuai Prosedur WHO

Meskipun menimbulkan banyak polemik, khususnya di kalangan netizen Indonesia, sebenarnya langkah yang dilakukan oleh Sinovac, produsesn dari Coronavac, sudah tepat. Menurut aturan WHO, setiap vaksin harus mengikuti tahap-tahap tertentu sebelum diberikan izin edar dan dijual di pasaran; dan ujicoba yang akan dilakukan di Indonesia, atau ujicoba tahap ketiga ini sudah sesuai dengan yang diminta oleh WHO.

3 Tahap Ujicoba Manusia

Sebelum boleh beredar di pasaran, vaksin harus melewati beberapa ujicoba, Salah satu dari rangkaian ujicoba itu adalah ujicoba terhadap manusia yang dilakukan dalam 3 tahap. Vaksin yang sudah akan diujicobakan kepada manusia sudah melewati uji klinis dan dijamin aman.

Ujicoba tahap pertama dilakukan oleh produsen vaksin terhadap puluhan hingga ratusan orang. Ujicoba ini khusus diberikan pada kalangan masyarakat masyarakat dewasa yang sehat yang beresiko rendah untuk menentukan tolerability vaksin. Maksudnya, seberapa mungkin ada efek samping yang timbul dari vaksin ini.

Ujicoba tahap kedua dilakukan kepada ratusan hingga ribuan orang. Sama seperti tahap pertama, ujicoba tahap kedua ini dilakukan untuk mengawasi keamanan vaksin pada jumlah komunitas yang lebih luas. Selain itu, pada ujicoba kedua ini para ilmuwan mencoba menentukan dosis optimum beserta jadwal imunisasi yang tepat untuk vaksin yang sedang diujikan.

Ujicoba tahap ketiga diberikan kepada ribuan orang atau lebih. Tahap ketiga ini bertujuan untuk menemukan efektivitas vaksin secara klinis dan mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai keamanan vaksin dan efek sampingnya pada komunitas yang lebih heterogen dangan waktu observasi yang lebih panjang dibandingkan kedua tahap sebelumnya.



Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

twenty − seventeen =

Open chat
Hallo
Powered by