Wabah Virus Paling Bersejarah Didunia

Wabah Virus Paling Bersejarah Didunia

Virus dapat dikatakan lebih jahat dibandingkan bakteri karena sebagian besar berpotensi menyebabkan penyakit, bahkan yang mengancam nyawa. Beberapa jenis virus di masa lalu bahkan telah memicu wabah yang menewaskan hingga jutaan orang. Pada masa itu vaksin belum dikenal sehingga infeksi virus tak dapat diantisipasi dengan menciptakan kekebalan tubuh pada manusia dan hewan. Untuk memperkaya pengetahuan Anda, inilah wabah-wabah virus paling bersejarah di dunia. 

wabah virus

Wabah-wabah virus paling bersejarah di dunia yang menghabiskan sebagian besar populasi manusia

Dalam perjalanan sejarah kehidupan manusia perna

The Black Death (1348)

Akibat wabah maut ini populasi penduduk Eropa yang tewas mencapai hingga 60%. Dari data yang tercatat, korban yang meninggal hingga berjumlah lebih dari 75 juta jiwa. The Black Death ini adalah penyakit pandemic pada abad pertengahan kedua yang paling mematikan.

Cacar

Penyakit ini telah menghilangkan nyawa lebih dari 300 juta orang pada abad 20 di seluruh dunia dengan korban terbanyak adalah masyarakat asli Amerika. Cacar atau variola disebabkan oleh virus variola mayor dan minor, dengan tipe yang pertama paling banyak menimbulkan kematian.

Campak

Selain cacar, campak juga sempat masuk dalam daftar wabah-wabah virus paling bersejarah di dunia. Wabah tersebut telah memakan korban jiwa hingga mencapai 200 juta orang. Gejala yang timbul adalah sakit tenggorokan, batuk, demam, muncul ruam di kulit, dan mata merah.

HIV (AIDS)

Penyakit ini disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus dan menginfeksi tubuh dengan menyerang system kekebalannya. Akibatnya, tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit karena infeksi virus dan bakteri lain. Walaupun riset terus dilakukan tapi sayangnya hingga kini belum ditemukan obat yang benar-benar ampuh untuk penyakit ini.

Nah, semoga wabah-wabah virus paling bersejarah di dunia tak lagi pernah terjadi di masa yang akan datang.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

2 × 1 =

×
Hallo