Vaksinasi vs Imunisasi : Apa Bedanya ?

Artikel di bawah adalah kuliah umum yang dipelajari dokter dalam ilmu imunologi, yaitu Ilmu Dasar Vaksin. Masyarakat perlu mengetahui istilah ini. Dan di situs ini lah Anda mendapatkan ilmu yang benar, dari jurnal kedokteran, kamus kedokteran dan ahli imunologi.

Memahami perbedaan antara vaksin, vaksinasi, imunisasi adalah hal yang sulit. Terkadang masyarakat menilainya sama, namun hal ketiganya memiliki perbedaan, bukan hanya masalah terminology saja. Berikut ini adalah langkah mudah yang menjelaskan bagaimana penggunaan terminology tersebut :

VAKSIN adalah sebuah produk yang dapat memproduksi kekebalan dari suatu penyakit dan dapat diberikan melalui suntikan (injeksi), melalui mulut (diteteskan) ataupun disemprotkan (aerosol).

Vaksin berisi sedikit sekali komponen berikut :

  • Virus hidup namun sudah dilemahkan (live- attenuated)
  • Virus inaktif atau bakteri mati.
  • Toksin yang diproduksi oleh organisme yang bias menginfeksi tubuh.

Vaksin aman diberikan karena sudah melaui uji saring berlapis- lapis di berbagai negara sebelum vaksin tersebut dipasarkan.

klinikvaksinasi

VAKSINASI adalah penyuntikan organisme yang sudah dimatikan atau sudah dilemahkan sehingga tubuh dapat memproduksi kekebalan untuk melawan organisme tersebut.

klinikvaksinasi.com

IMUNISASI adalah proses di mana seseorang (makhluk hidup) menjadi terlindung dari penyakit. Proses ini terjadi di dalam tubuh sendiri. Imunisasi ini dapat aktif (hasil dari vaksinasi), maupun pasif (hasil dari pemberian serum atau hasil dari terkena penyakit).

Vaksin menyebabkan proses imunisasi (pembentukan kekebalan) dan ada kalanya juga beberapa penyakit primer dapat menyebabkan imunisasi (pembentukan kekebalan setelah sembuh dari sakit).

Masih banyak orang yang ragu – ragu untuk mendapatkan vaksinasi. Oleh karena itu masyarakat perlu tahu mengenai ilmu vaksinasi agar tidak terlihat seperti barang yang menakutkan, abstrak dan bahkan disalah persepsikan.

VAKSIN ITU AMAN

Vaksin itu aman, bahkan lebih aman daripada obat oral sekalipun. Keamanannya dijaga ketat oleh CDC (Center for Disease Control) dan FDA. Jika belum ada penelitian yang mumpuni, vaksin tidak boleh diperjualbelikan. Untuk memproduksi vaksin sehingga dapat digunakan, membutuhkan waktu hingga 20 tahun.

VAKSIN ITU EFEKTIF

Vaksin mencegah beberapa penyakit serius.

VAKSIN BEKERJA DENGAN SISTEM IMUN TUBUH ANDA UNTUK MENCEGAH PENYAKIT

Kita bersyukur ada penemuan vaksin. Beberapa penyakit dapat dicegah karena tubuh kita memproduksi antibodi.

VAKSIN MELINDUNGI DIRI ANDA DAN LINGKUNGAN

Selain vaksinasi dapat melindungi tubuh Anda, vaksinasi yang diberikan pada diri Anda dapat mencegah wabah suatu penyakit dan melindungi orang- orang di sekitar Anda yang tidak dapat divaksinasi karena masalah penurunan daya tahan tubuh.

Kesimpulan

Jadi sebenarnya yang sering kita sebut- sebut istilah “ imunisasi “ seperti yang disuntikkan pada bayi, itu terminology sebenarnya adalah : VAKSINASI. Karena imunisasi adalah proses dalam tubuh menjadi kebal. Namun proses pemberian kekebalan melalui suntikan sebaiknya disebut dengan nama VAKSINASI. Oleh karena itu, agar tidak membuat masyarakat lebih salah kaprah, kami memakai nama #KlinikVaksinasi untuk suatu pusat imunisasi di Indonesia.

Author Info

No Comments

Post a Comment

error: Content is protected !!