Vaksinasi vs Imunisasi : Apa Bedanya ?

Artikel di bawah adalah kuliah umum yang dipelajari dokter dalam ilmu imunologi, yaitu Ilmu Dasar Vaksin. Masyarakat perlu mengetahui istilah ini. Dan di situs inilah Anda mendapatkan ilmu yang benar, dari jurnal kedokteran, kamus kedokteran dan ahli imunologi.

Memahami perbedaan antara vaksin, vaksinasi, imunisasi adalah hal yang sulit. Terkadang masyarakat menilainya sama, namun hal ketiganya memiliki perbedaan, bukan hanya masalah terminology saja. Berikut ini adalah langkah mudah yang menjelaskan bagaimana penggunaan terminology tersebut :

VAKSIN adalah sebuah produk yang dapat memproduksi kekebalan dari suatu penyakit dan dapat diberikan melalui suntikan (injeksi), melalui mulut (diteteskan) ataupun disemprotkan (aerosol)
Sediaan vaksin :

image007 image005 image003 image001

 

VAKSINASI adalah penyuntikan / pemberian (tetes) organisme yang sudah dimatikan atau sudah dilemahkan sehingga tubuh dapat memproduksi kekebalan untuk melawan organisme tersebut.

IMUNISASI adalah proses di dalam tubuh di mana seseorang (makhluk hidup) menjadi terlindung dari penyakit.

Vaksin menyebabkan proses imunisasi (pembentukan kekebalan) dan ada kalanya juga beberapa penyakit primer dapat menyebabkan imunisasi (pembentukan kekebalan setelah sembuh dari sakit), namun imunisasi yang berasal dari penyakit biasanya antibodinya tidak tinggi.

VAKSIN ITU AMAN

Pelajari lebih banyak di website ini mengenai manfaat dan risiko imunisasi termasuk bagaimana pengawasan produk vaksin secara ketat tentang kemanannya dan siapa yang perlu divaksinasi.

VAKSIN ITU EFEKTIF

Vaksin dapat membantu mencegah banyak penyakit serius. Pelajari lebih lanjut mengenai bagaimana vaksin bekerja dan uji klinik untuk mengecek ekamanan dan efektifitasnya.

VAKSIN BEKERJA DENGAN SISTEM IMUN TUBUH ANDA UNTUK MENCEGAH PENYAKIT

Dengan vaksinasi, banyak pernyakit dapat dieliminasi.

VAKSIN MELINDUNGI DIRI ANDA DAN LINGKUNGAN

Vaksin menyelamatkan hidup seseorang dengan mencegah timbulnya wabah penyakit dan melindungi kelompok orang yang tidak bias divaksinasi (konsep herd immunity)

KESIMPULAN

Vaksinasi adalah ketika suatu vaksin dimasukkan ke dalam tubuh Anda (biasanya melalui suntikan). Imunisasi adalah apa yang terjadi dalam tubuh Anda setelah Anda mendapat vaksinasi. Vaksin merangsang system imun tubuh sehingga tubuh dapat mengenali penyakit dan melindungi diri dari infeksi selanjutnya (Anda menjadi kebal terhadap infeksi suatu pernyakit).

Author Info

No Comments

Post a Comment

error: Content is protected !!