VAKSINASI UMROH / HAJI

“……Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau ber-’umrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa’i antara keduanya….” (Qs. 2:158)

VAKSINASI UMROHIbadah haji merupakan salah satu rukun Islam. Hal ini wajib dilakukan bagi mereka yang mampu. Seseorang yang sudah menunaikan ibadah haji disebut sebagai “Haji/Hajjah”.Bagi seorang Muslim, sebutan “Haji/Hajjah” mempunyai arti tersendiri.  Itulah sebabnya tidak sedikit umat Muslim setiap tahunnya berlomba-lomba menunaikan ibadah haji. Mereka sangat menghargai ritual ibadah naik haji.

Vaksinasi wajib untuk Umroh dan Haji bagi orang Indonesia adalah Vaksinasi MENINGITIS. Sebagai tambahannya, jika ingin terhindar dari beberapa penyakit yang endemis di daerah sana adalah INFLUENZA dan PNEUMONIA.

Saudi Arabia adalah salah satu negara dengan kejadian meningitis cukup besar, karena masuk dalam Meningitis Beltnya dunia.

Vaksin Meningitis dan Kartu Kuning

Pengunjung luar negri untuk Haji/ Umroh dan untuk bekerja di Saudi Arabia diminta untuk memiliki sertifikat telah vaksin meningokokus / meningitis ACWY yang masih berlaku (tidak lebih dari 3 tahun dan tidak kurang dari 10 hari sebelum tanggal keberangkatannya).

Radang selaput otak merupakan penyakit yang fatal tanpa terapi yang sesuai, sebanyak 1 dari 5 orang akan mengalami komplikasi serius hingga kamatian jika terkena infeksi ini.

Penyuntikan meningitis dilakukan di tangan bagian atas, tidak menyebabkan demam atau sakit lainnya dan merupakan vaksin mati sehingga tidak ada kontra indikasi pada siapapun kecuali alergi terhadap vaksin ini sebelumnya.

Beberapa travel ilegal menjual kartu kuning tanpa vaksinnya. Hal ini sangatlah tidak bijaksana, karena artinya Anda membohongi diri Anda sendiri dan ibadah Anda menjadi kurang afdol. Vaksinasi ini tujuannya bukan sekedar untuk syarat, namun untuk melindungi tubuh Anda dari kuman penyebab radang selaput otak.

Sebelum penyuntikan vaksin meningitis, Anda akan diminta untuk menyediakan 1 lembar foto kopi passport dan 1 pas foto berwarna ukuran 4×6. Dan sebaiknya jangan terburu-buru dalam mencari provider vaksin meningitis,karena mendapatkan vaksin ini tidaklah terlalu mudah akibat dari birokrasi pengeluaran kartu kuningnya.

Vaksin Influenza

Departemen Kesehatan Saudi Arabia merekomendasikan pemberian vaksin flu sebelum datang ke negaranya khususnya untuk mereka yang manula dan memiliki penyakit jantung atau paru kronis. Namun jika Anda mudah terserang flu pun sebaiknya divaksin flu karena jenis kuman yang beredar di Saudi Arabia lebih invasif daripada yang beredar di Indonesia.

Vaksin Pneumonia

Untuk orang di atas 55 tahun dan memiliki penyakit paru kronis atau jantung sangat dianjurkan untuk mendapatkan vaksin pneumonia. Vaksin ini melindungi 13 sampai 23 strain virus penyebab radang paru.

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.

error: Content is protected !!