Vaksinasi Rabies – Tentang Penyakit Rabies

Vaksinasi RabiesMenurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) “lebih dari 99% kasus rabies pada manusia terjadi akibat dari gigitan hewan-hewan anjing yang terinfeksi”. Diperkirakan 55.000 orang di dunia meninggal akibat rabies setiap tahunnya. Itu lah bahaya nya rabies bila sudah tertular terhadap manusia bisa mengakibatkan kematian.

Penyakit infeksi tingkat akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies disebut juga rabies. Penyakit ini bersifat zoonotik, yaitu dapat ditularkan dari hewan ke manusia. Virus rabies ditularkan ke manusia melalu gigitan hewan melalui air liur hewan misalnya oleh anjing, kucing, kera, rakun, dan kelelawar. Rabies disebut juga penyakit anjing gila.

Penyakit rabies dapat disembuhan
Penyakit rabies masih bisa diobati namun harus dilakukan penanganan medis sesegera mungkin sebelum gejala timbul dan infeksi virus sudah mencapai otak. Jika sudah terjadi gejala maka tidak akan bisa disembuhkan lagi. Oleh karena itu, ketika terjadi luka gigitan anjing maka harus segera dibersihkan dengan sabun atau pelarut lemak lainnya, kemudian diolesi cairan antiseptik seperti alkohol 70% atau betadine. Kemudian, jika diduga berpotensi rabies atau memang rabies segera ke rumah sakit atau dokter untuk mendapatkan penanganan suntikan vaksinasi rabies.

Bagi mereka yang memang benar-benar berpotensi mengalami gigitan oleh hewan maka sebaiknya segera dilakukan pencegahan dengan cara pemberian vaksin. Mereka yang berisiko tinggi tersebut antara lain adalah dokter hewan, para petugas laboratorium yang menangani hewan yang terinfeksi virus rabies dan para penjelajah gua kelelawar. Selain bagi manusia, pada anjing peliharaan juga penting diberikan vaksinasi rabies.

Vaksinasi Rabies bukan merupakan vaksinasi atau imunisasi rutin, vaksin ini dianjurkan pada individu yang berisiko tinggi tertular seperti dokter hewan dan petugas yang bekerja dengan hewan , pekerja laboratorium, seorang yang kontak langsung dengan hewan peliharaannya, wisatawan berkunjung kedaerah endemis yang berisiko kontak dengan hewan dan individu yang tergigit binatang tersangka virus rabies.

Bila anda ingin mendapatkan vaksinasi rabies atau vaksinasi lainnya silahkan kunjungi

In Harmony Clinic yang beralamat
Jl Percetakan Negara IV B No 48
(Seberang Penjara Salemba, Belakang Klinik 24 Jam Rawasari )
Jakarta Pusat

Telp 021 422 0214 / 021 4248790
Pin BB 2A907EDA / 748E 00E1

In Harmony Immunity Clinic (IHIC) melakukan pengembangan jaringan pemasaran dan perluasan tentang layanan vaksinasi atau imunisasi. Dr. Kristoforus HD merupakan CEO dari In Harmony Clinic.

Baca juga:

Kapan vaksin rabies dilakukan
Waspadai meningitis saat ingin berpergian ke luar negeri
Meningitis untuk para calon jamaah Haji dan Umroh
Apa itu penyakit Meningitis??
Vaksinasi sebelum mengunjungi negara Arab Saudi
Meningitis dapat di cegah dengan vaksinasi
Syarat untuk Haji dan Umroh harus di vaksinasi dulu

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.