Vaksinasi Polio – Virus Polio Yang Menular

Vaksinasi PolioSalah satu upaya yang dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyakit adalah dengan cara vaksnasi atau Imunisasi. Semua anak, dimulai sejak usia bayi, berhak mendapatkan pelayanan ini. Sebab jika tidak diimunisasi, banyak efek buruk yang bisa terjadi. Imunisasi apa saja yang wajib diberikan untuk bayi yang berusia di bawah 12 bulan, yaitu: BCG (Bacillus Calmette Guerin), Hepatitis B, Polio, DPT atau DTP, Vaksin Campak, Gondong dan Rubela (MMR).

Virus  Polio

Polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang hidup di tenggorokan dan saluran pencernaan, dan pernah menjadi penyebab utama kecacatan di Amerika Serikat. Sejak diperkenalkannya vaksin polio pada tahun 1955, penyakit ini telah berhasil dibasmi di Amerika Serikat, namun masih umum di beberapa negara berkembang. Hingga saat ini polio masih menjadi salah satu penyakit yang diberantas di seluruh dunia. Itulah mengapa   perlu dilakukan, terutama kepada anak, sebelum mereka memasuki bangku pendidikan.

Jika Anda telah menerima vaksinasi polio sebelum tahun 2000, Anda mungkin telah menerima vaksin polio oral (OPV), yang dibuat dari virus polio hidup. Meskipun vaksin virus hidup sangat efektif untuk melindungi seseorang terhadap polio, beberapa kasus polio per tahun disebabkan oleh vaksin oral itu sendiri. Pada tahun 2000, Amerika Serikat beralih ke vaksin polio tidak aktif (IPV). Menggunakan jenis virus yang tidak aktif yang tidak dapat menyebabkan polio. IPV biasanya diberikan sebagai suntikan di lengan atau kaki.

Oleh karena itu, dibutuhkan perhatian dan pencegahan yang lebih sejak dini agar tidak terjadi kecacatan. Pencegahan terhadap polio bisa dilakukan dengan melakukan vaksinasi polio.

Vaksinasi polio pada bayi
Vaksinasi Polio ini wajib diberikan karena ancaman polio yang masih ada. Kenapa diwajibkan? Karena vaksinasi polio menjadi salah satu vaksinasi wajib yang direkomendasi oleh World Helth Organization (WHO). Vaksin ini untuk menangkal kelumpuhan akibat virus polio. Vaksinasi polio pertama diberikan setelah lahir. Kemudian vaksin ini diberikan 3 kali, saat bayi berumur 2, 4, dan 6 bulan. Pemberian vaksin ini bisa diulang pada usia 18 bulan dan 5 tahun.

Baca juga :

Polio wajib bagi seluruh dunia
Peneumonia – Radang Paru
Gejala yang ditandai pneumonia
Bakteri penyebab pneumonia
Akibat penyakit pneumonia
Peneumonia (radang paru) dapat di cegah dengan vaksin
Beberapa orang yang kemungkinan beresiko penyakit peneumonia

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.

error: Content is protected !!