Vaksinasi Influenza – Atasi Virus Influenza Dengan Vaksin

Vaksinasi InfluenzaVaksinasi adalah pemberian vaksin ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tersebut. Kata vaksinasi berasal dari bahasa Latin vacca yang berarti sapi – diistilahkan demikian karena vaksin pertama berasal dari virus yang menginfeksi sapi (cacar sapi). Vaksinasi sering juga disebut dengan imunisasi.

Virus influenza dapat dikatakan sebagai virus yang sangat pintar karena dapat bermutasi genetik. Hal ini menyebabkan system imunologi tubuh yang sebenarnya sudah mengenalnya akan dibuat bingung oleh keberadaan virus influenza yang telah bermutasi sehingga tubuh tidak siap untuk membuat antibody yang dapat melawan virus ini. Karena alasan itulah vaksin ini sangat dibutuhkan.

Berdasarkan data epidemiologi virus influenza dan geografis penyebarannya, maka 2 jenis vaksinasi  influenza yang merekomendasikan WHO, yaitu vaksin influenza untuk belahan bumi Utara (Northern Hemisphere) dan vaksin influenza untuk belahan bumi Selatan (Southern Hemisphere) yang disesuaikan dengan iklim atau musim yang sedang berlangsung di kedua tempat tersebut.

Vaksinasi influenza adalah vaksin yang berasal dari virus Influenza, dimana yang diambil antigen permukaan, antigen internal dan protein virus-nya saja, sehingga vaksin ini mempunyai imunogenisitas tinggi dengan reaksi samping yang minimal. Masing-masing vaksin berisi 3 jenis strain virus Influenza (biasanya terdiri dari 2 tipe A dan 1 tipe B).

Vaksinasi influenza, mengapa kita perlu mendapatkan ?  Dengan mendapatkan vaksin ini setiap tahun, maka Anda dapat mengurangi resiko terjangkitnya berbagai jenis flu, termasuk jenis flu berbahaya yang dapat menyebabkan kematian seperti flu burung dan flu babi. Hal ini tentu saja berdampak dengan adanya kualitas hidup yang baik dan memberikan nilai tambah ekonomis karena dengan mencegah penyakit, berarti Anda mencegah biaya perawatan, obat-obatan, konsultasi dokter dan lainnya. Selain itu, vaksinasi influenza juga dapat mencegah penularan penyakit infeksi saluran pernapasan atas dan infeksi saluran pernapasan bawah yang lebih serius.

Vaksin flu efektif 70-90% dalam mencegah penyakit flu. Vaksin flu melindungi terhadap 3 virus influenza yang umum. Namun, vaksin flu tidak dapat melindungi dari infeksi virus bukan influenza seperti virus penyebab pilek. Banyak orang yang salah mengira bahwa mereka tidak akan sakit sama sekali jika mereka mendapat vaksin flu. Tetapi bagi mereka yang telah di vaksin flu tentunya akan terlindung dari virus influenza yang umum dalam musim flu.

Baca juga :

Cara mudah mencegah datangnya sakit flu
Flu terkadang menimbulkan komplikasi serius
Vaksinasi Influenza
Ibu hamil perlu di vaksin flu
Jangan anggap remeh penyakit influenza
Jaga kesehatan terhadap penyakit influenza
Siapa yang belum pernah terkena flu??
Influenza dapat disembuhkan
Infeksi influenza dapat memicu serangan asma dan memperburuk gejalanya
Vaksin flu atasi penyakit influenza
Cara mengatasi Influenza
Gejala klasik influenza
Hindari flu sejak dini dengan vaksinasi

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.