Vaksinasi Hepatitis B – Calon Penganten harus di Vaksinasi sebelum menikah

Vaksinasi Hepatitis BVirus penyakit hepatitis banyak sekali macamnya, tetapi yang penting kita ketahui adalah hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C. Penularan hepatitis A pada umumnya melalui makanan dan minuman. Hepatitis B dan C menular melalui cairan tubuh sehingga penularannya biasanya adalah dari ibu hepatitis B positif ke bayinya, melalui hubungan seksual, transfusi darah, serta dalam risiko kecil juga dapat menular melalui air ludah, pisau cukur, atau penggunaan alat tajam pada tato. Namun, sebenarnya yang sekarang mengkhawatirkan adalah penularan hepatitis B dan C melalui penggunaan jarum suntik secara bersama-sama pada remaja yang menggunakan narkoba suntikan

Calon Penganten harus di vaksinasi
Pasangan yang akan menikah disarankan untuk melakukan vaksinasi hepatitis B dan human papiloma virus (HPV). Kedua vaksin ini akan membentengi diri dari penyakit hepatitis B dan kanker serviks pada wanita.

Penyakit Hepatitis B menular lewat transfusi darah, hubungan seksual, dan penggunaan barang pribadi bersama. Penyakit ini disebabkan virus dan menyerang lever. Vaksin hepatitis B diberikan tiga kali dengan jarak satu dan enam bulan. Dua dosis pertama untuk membentuk antibodi dan yang ketiga untuk meningkatkan kadar antibodi. Maka dari itu calon penganten diharuskan vaksinasi hepatitis B terdahulu sebelum pernikahan.

Vaksinasi hepatitis B tak berdampak buruk pada risiko kesuburan, bahkan vaksin ini dapat mencegah penularan dari ibu hamil ke bayinya. Jadi, amatlah baik jika Anda di vaksinasi hepatitis B. Di negeri kita memang telah dilaksanakan program vaksinasi hepatitis B pada bayi baru lahir sejak tahun 1997. Bayi yang baru lahir secepatnya (kalau mungkin sewaktu umur satu hari) telah diberikan suntikan hepatitis B yang pertama, kemudian akan dilanjutkan dengan suntikan kedua dan ketiga. Sedangkan bayi yang lahir dari ibu positif hepatitis B, selain divaksin, juga harus mendapatkan obat imunoglobulin hepatitis B.

Selain vaksin HPV dan hepatitis B, ada satu vaksinasi yang penting sebelum menikah yaitu melakukan vaksinasi tetanus. Jenis vaksin ini melindungi diri dari bakteri Clostridium tetanii, yang masuk melalui luka. Kuman ini menyebar lewat aliran darah dan menyebabkan kejang. Vaksin tetanus melindungi pasangan dari kemungkinan tertular kuman ketika berhubungan seksual. Vaksin juga melindungi wanita saat proses melahirkan.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

14 − 9 =