Vaksinasi Campak – Virus Campak, Menyerang Sistem Pernapasan Dan Sistem Kekebalan

Vaksinasi CampakCampak merupakan salah satu penyakit menular yang dapat menginfeksi setiap anak yang tidak terlindungi, tanpa memandang status sosial maupun ekonomi. Setiap anak yang tidak terlindungi berisiko terinfeksi campak. Campak sangat berbahaya bila sudah mengenai anak dengan gizi kurang atau sedang menderita satu penyakit lainnya. Virus campak dapat di atasi melalui vaksinasi campak atau imunisasi campak.

Virus campak dapat menyerang sistem pernapasan dan sistem kekebalan, sehingga anak menjadi rentan terhadap berbagai infeski lainnya, seperti pneumonia dan diare. Anak dengan sistem imun yang rendah (misalnya anak yang mendapatkan pengobatan kanker, penderita HIV) rentan terhadap penyakit campak, dan mempertinggi ancaman terhadap kesehatan mereka.

Keberadaan peyakit campak di satu wilayah, dapat diasumsikan sebagai petanda kurang optimalmya sistem pelayanan kesehatan. Wabah campak yang terjadi pada satu wilayah, disebabkan oleh penyebaran virus campak yang sangat cepat dan menginfeksi anak-anak.

Wabah campak terjadi pada wilayah dengan cakupan imunisasi campak yang rendah. Pemberian imunisasi campak di satu wilayah akan melindungi anak anak di wilayah tersebut terhadap penyakit campak. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka Imunisasi campak harus mencapai cakupan yang tinggi (>90-95%) pada satu wilayah.

Setiap anggota masyarakat memiliki kewajiban untuk melindungi komunitasnya melawan penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi campak. Kekebalan satu wilayah diperoleh dari cakupan imunisasi yang tinggi, dan berfungsi sebagai dinding kekebalan untuk setiap masyarakat wilayah tersebut. Setiap anak berhak untuk mendapatkan Imunisasi dan Imunisasi merupakan tanda cinta orang tua kepada anaknya. Imunisasi hendaknya menjadi suatu norma sosial. Jika anak-anak diimunisasi atau di vaksinasi, berarti kita membantu melindungi komunitas kita. Vaksinasi campak sangat aman dan melindungi anak seumur hidupnya.

Vaksinasi atau Imunisasi campak
Imunisasi campak adalah salah satu dari 5 imunisasi yang diwajibkan oleh pemerintah bagi balita. Vaksinasi campak dapat diberikan saat anak berusia 9 bulan atau lebih. Walaupun vaksinasi campak tidak menghindarkan 100% si anak dari campak di kemudian hari, namun anak yang telah divaksinasi umumnya memiliki gejala dan komplikasi yang ringan jika terkena kedua penyakit tersebut kelak. Jadi vaksinasi masih merupakan pendekatan penting bagi penanganan primer dari penyakit campak, khususnya bagi anak.

Imunisasi diberikan untuk mendapatkan kekebalan terhadap penyakit campak secara aktif. Vaksin campak yang beredar di Indonesia dapat diperoleh dalam bentuk kemasan kering tunggal atau dalam kemasan kering kombinasi dengan vaksin gondong dan rubella. Kemasan ini dikenal dengan nama vaksin MMR (Measles-Mumps-Rubella). Dalam bentuk MMR, dosis pertama diberikan pada usia 12-15 bulan, dosis kedua diberikan pada usia 4-6 tahun.

Baca juga:

Semua anak wajib vaksin MMR
MMR mencakup penyakit campak, gondok dan rubella
Vaksin campak, vaksin yang sangat aman dan dapat melindungi
Penyakit gondok perlu di waspadai
Cara kerja virus rubella
Penyakit gondok merupakan pembesaran kelenjar tiroid
Cegah penyakit DPT dengan vaksin
Waspadai penyakit rotavirus yang mudah menyerang anak

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.

error: Content is protected !!