Vaksinasi Bayi – Pentingnya Vaksinasi Atau Imnunisasi Pada Bayi

vaksinasi bayiImunisasi atau Vaksinasi adalah merupakan bagian dari pemberian vaksin (virus yang dilemahkan) kedalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap jenis penyakit tertentu. Imunisasi merupakan suatu sistem kekebalan yang diberikan pada manusia dengan tujuan melindungi individu tersebut dari penyakit yang dapat membahayakan jiwa anak-naka kita. Itulah yang dimaksud dengan definisi serta juga pengertian imunisasi yang kita berikan kepada anak-anak kita.

Manfaat fungsi imunisasi adalah begitu banyak bagi kesehatan serta pertumbuhan perkembangan anak-anak kita kelak di kemudian hari. Karena memang ketika bayi baru lahir saja sudah harus mendapatkan vaksinasi bayi atau imunisasi bagi bayi baru lahir. Untuk itulah pentingnya kita mengenal akan berbagai jenis vaksinasi dan juga manfaat vaksinasi bayi atau imunisasi bagi bayi balita buah hati kita masing-masing.

Tujuan pemberian imunisasi dasar lengkap pada saat bayi diharapkan akan memberikan fungsi serta manfaatnya dalam hal untuk melindungi bayi yang kadar imunitas tubuhnya masih sangat rentan dari penyakit yang bisa dan dapat untuk menyebabkan kesakitan, kecacatan, ataupun bahkan kematian bayi. Vaksinasi bayi atau imunisasi bayi meliputi; BCG (Bacillus Calmette Guerin), Hepatitis B, Polio, DPT atau DTP, Vaksin Campak, Gondong dan Rubela (MMR).

Wabah rubela atau campak
Vaksinasi amat penting diberikan sebagai tindakan pencegahan terhadap beberapa jenis penyakit. Apabila dilewatkan, dampaknya tak hanya menyerang diri sendiri, tapi juga keturunan. Misalnya kasus wabah rubella di Inggris yang berisiko membuat bayi-bayi di sana terlahir buta. Profesor Colin Blakemore, mantan kepala eksekutif dari Medical Research Council di Inggris, mengatakan bahwa wanita hamil yang terinfeksi rubella akan berisiko tinggi melahirkan bayi dengan kelainan buta, tuli dan gangguan jantung.

Pernyataan prof Blakemore ini mengacu pada wabah rubella atau campak Jerman yang melanda South Wales, Inggris. Sampai saat ini, setidaknya 1.356 orang yang terinfeksi. Menurut Blakemore, ini barulah tahap pertama dari dampak jangka panjang yang bisa ditimbulkan oleh wabah rubella dan gondok.

Vaksin Campak, Gondong dan Rubela (MMR)
Agar anak tidak terinfeksi setelah baru lahir, maka harus di vaksinasi bayi dengan Vaksin MMR. Vaksin MMR melindungi anak dari tiga virus: campak (yang menyebabkan demam tinggi dan ruam tubuh-lebar), gondong (yang menyebabkan rasa sakit wajah, pembengkakan kelenjar liur, dan kadang-kadang pembengkakan skrotum pada laki-laki), dan rubella atau campak Jerman (yang dapat menyebabkan kecacatan lahir jika infeksi terjadi selama kehamilan). Vaksin ini pertama diberikan pada anak saat usia 12 hingga 15 bulan dan pada usia antara 4 dan 6 tahun.

Baca juga:

Anak dan Dewasa butuh immunisasi/vaksinasi
Imunisasi pada bayi, pencegahan utama dari penyakit
Hindari penyakit TBC pada anak
Vaksin kombinasi yang merangsang sistem kekebalan tubuh untuk anak
Vaksin PCV untuk anak anda
Vaksin HIB untuk anak anda

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.