downloadCacar air adalah penyakit mudah menular yang disebabkan oleh virus varicella-zoster yang merupakan anggota dari keluarga virus herpes. Cacar air adalah penyakit yang umum menyerang anak-anak.

Adapun gejala yang biasanya terjadi pada anak anda yang akan terkena cacar yaitu flu ringan, demam, sakit kepala, mual, sakit dan nyeri, kehilangan nafsu makan. Beberapa hari kemudian, ruam cacar akan muncul.

Dimulai dengan bintik-bintik merah kecil yang berkembang. Bintik bintik merah akan muncul terlebih dahulu di wajah anak Anda. Bintik-bintik akan menyebar ke dada dan perut, dan kemudian ke bagian tubuh lainnya. Perkembangan bintik-bintik mungkin akan muncul pada kulit kepala, tenggorokan dan sekitar alat kelaminannya.

Namun anda tidak harus khawatir, karena penyakit cacar air ini bisa di cegah dengan melakukan vaksin cacar air. Vaksin tersebut berisi virus varisela zoster yang telah di lemahkan. Vaksin cacar air ini terbukti efektif dan aman serta memberikan tingkat perlindungan yang tinggi pada anak-anak.

Vaksin cacar air diberikan 2 kali, disarankan untuk memberikan vaksin kepada anak berusia 1 – 12 tahun. Pemberian vaksin kedua dilakukan minimal 3 bulan setelah pemberian vaksin yang pertama.

Jika vaksin cacar air diberikan pada orang yang berusia 12 tahun keatas, maka imunisasi kedua diberikan minimal 1 bulan dari pemberian vaksin yang pertama.

Namun ada orang-orang tertentu yang tidak diperbolehkan untuk mendapat vaksin cacar air. Mereka adalah:

  • Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah
  • Wanita hamil atau mereka yang berusaha untuk hamil
  • Orang yang memiliki riwayat reaksi allergik parah terhadap vaksin atau komponen vaksin
  • Anak di bawah usia 12 bulan

Baca juga :

Herpes Zozter dan Vaksin Herpes Zoster
Apa itu vaksin cacar ular?
Pentingnya vaksin cacar dan campakCacar air dan vaksin cacar air
Manfaat dari vaksin cacar
Balita rentan terkena penyakit cacarsin cacar air
Vaksinasi Influenza