Vaksin Varicella / Cacar Air

Vaksin Varicella / Cacar Air

Varicella sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan adanya serangan varicella berulang, saat individu tersebut mengalami penurunan daya tahan tubuh. Mencegah jauh lebih baik dari mengobati. Lagipula, suatu yang salah kaprah apabila dikatakan bahwa cacar air adalah penyakit yang biasa dan harus kena pada anak. Karena individu yang tidak pernah kena cacar air, tidak akan pernah kena herpes / cacar ular sebagai akibat kambuhannya cacar air.

Pencegahan pada individu yang belum memiliki kekebalan terhadap VVZ adalah dengan menghindari kontak dengan individu yang terinfeksi varicella dan dengan pemberian vaksinasi Varicella-Zoster.Vaksin Varicella-Zoster merupakan vaksin hidup (live-attenuated) sehingga harus diberikan dalam keadaan sehat.

Jadwal Pemberian Vaksin Varicella

Imunisasi (vaksinasi) varicella diberikan bagi anak usia lebih dari 12 bulan hanya dengan 1 x suntikan, namun jika diberikannya pada usia di atas 12 tahun, imunisasi varicella diberikan sebanyak 2 kali dengan selang penyuntikan 1-2 bulan. Sundtikan diberikan dengan jarum kecil dan masuk ke dalam subkutan (lemak). Ada beberapa merk vaksin varicella yang isinya sama dan dapat dipakai, yaitu Varivax, Okavax, Varilrix.

Efek Samping Pemberian Vaksin Varicella

Seperti halnya semua obat-obatan lain, vaksinasi cacar air ini pun dapat terjadi efek samping, walaupun tidak semua orang dapat merasakannya. Efek samping yang mungkin timbul :

  • Nyeri atau bengkak pada bekas suntikan (1 dari 5 anak, 1 dari 3 orang dewasa)
  • Demam (1 dari 10 orang)
  • Ruam ringan (1 dari 25 orang).
  • Kejang yang disebabkan oleh demam, masalah berat seperti radang paru-paru(sangat jarang).

Setelah vaksinasi cacar air dapat timbul bintik- bintik cacar yang jumlahnya kurang dari 10 lesi. Tidak perlu khawatir jika mengalami hal ini, bintik cacar post vaksinasi hanyalah bagian dari reaksi tubuh yang hebat terhadap vaksin cacar air. Ini tidak perlu diobati dan tidak dapat menularkan pada orang lain.

Di mana mendapatkan Vaksin Cacar Air ?

Penting bagi Anda untuk mendapatkan vaksin cacar. Bayi dan orang dengan sistem kekebalan sangat lemah dapat mengalami komplikasi serius jika mereka terkena penyakit, termasuk infeksi bakteri pada kulit, bekas luka, pneumonia dan ensefalitis (radang otak), dan cacar air juga dapat menyebabkan cacat lahir.

Saat ini sulit sekali mencari vaksin varicella dan mungkin Anda mendapatkan situs ini setelah Anda berkeliling kota ke seluruh RS dan tidak menemukan vaksin varicella. Hal ini disinyalir karena ada unsur politis di dalamnya, ada pula yang berdalih bahwa tidak akan lama lagi kan keluar vaksin baru yang terdiri dari MMRV. Namun sebelum semuanya terlambat, sebaiknya kita vaksinkan anak kita.

Vaksin varicela tidak selalu ada di fasilitas kesehatan, namun kami In Harmony Clinic mengusahakan pelayanan prima yang terbaik untuk pasien kami sehingga dengan susah payah pun akhirnya kami dapat menemukan akses memesan vaskin varicella untuk bayi dan anak Anda.

Jika Anda membutuhkan vaksin cacar air ini, dapat menghubungi : Klinik Vaksinasi In Harmony

NB : berhubung vaksin varicella ini membutuhkan penanganan khusus untuk cold chainnya, vaksin hanya bisa dikirim ke kota-kota besar yang memiliki Bandara sehingga dalam 24 jam dapat sampai.

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.

error: Content is protected !!