Vaksin Untuk Mencegah Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah infeksi menular seksual yang ditandai dengan munculnya benjolan-benjolan daging berukuran kecil di sekitar area kelamin atau dubur. Walaupun tidak menyebabkan nyeri dan tidak membahayakan jiwa penderitanya, penyakit ini dapat menimbulkan stres akibat benjolannya yang tidak sedap dipandang mata.

Vaksin Untuk Mencegah Kutil Kelamin

Penyebab kutil kelamin adalah Human Papillomavirus (HPV). Sebagian besar kutil kelamin berukuran sangat kecil dan berbentuk datar sehingga sulit terlihat secara kasat mata. Biasanya mereka yang mengalami kondisi ini akan merasakan gatal pada sekitar daerah genitalnya. Selain tumbuh satu per satu, beberapa kutil kelamin juga dapat tumbuh secara berdekatan atau membentuk kelompok yang lebih besar.

Pada pria, kutil dapat tumbuh di bagian batang dan ujung penis, anus, serta kantong zakar. Sedangkan pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh pada bagian dinding vagina, leher rahim, vulva, dan kulit di antara lubang vagina dan lubang anus. Kutil kelamin juga bisa tumbuh di dalam mulut dan bahkan tenggorokan seseorang yang melakukan seks oral dengan seorang penderita.

Rentannya seseorang tertular kutil kelamin biasanya ditunjang beberapa faktor risiko, seperti melakukan hubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan tanpa pelindung, melakukan hubungan dengan seseorang yang riwayat kehidupan seksualnya tidak jelas, aktif secara seksual sejak usia remaja, dan pernah memiliki riwayat infeksi seksual sebelumnya. Selain itu, penularan kutil kelamin juga dapat terjadi lewat sex toys (alat bantu seks) yang telah terpapar virus HPV.

Meskipun kutil kelamin bukan ancaman serius bagi kesehatan dan umumnya tidak menyebabkan rasa sakit, serta tidak berpengaruh terhadap tingkat kesuburan, kondisi ini bisa menyebabkan tekanan psikologis bagi orang yang menderitanya.

Pemberian vaksin virus HPV penyebab kutil kelamin adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah kutil kelamin. Vaksin ini sebaiknya diberikan sebelum seseorang menjadi aktif secara seksual agar hasilnya efektif. Untuk anak laki-laki, vaksinasi ini bisa dilakukan di usia 12 tahun, sedangkan untuk anak perempuan di usia 11 tahun. Bagi mereka yang belum pernah mendapatkan vaksinasi HPV kutil kelamin di usia tersebut, bisa menyusul secepatnya. Untuk laki-laki, vaksinasi disarankan diberikan sekitar usia 21 tahun, sedangkan untuk perempuan sampai sekitar 26 tahun.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

seventeen + eighteen =