Vaksin Untuk Mencegah Kanker Mulut Rahim

Kanker mulut atau leher rahim atau biasa disebut kanker serviks adalah jenis kanker yang berkembang di leher rahim seorang wanita. Penyakit yang menyerang mulut rahim ini bisa terjadi pada wanita di setiap kelompok usia, namun lebih sering menyerang wanita yang berusia antara 30 hingga 45 tahun, karena mereka telah aktif melakukan hubungan seksual.

Hampir semua kanker mulut rahim disebabkan infeksi kronis oleh virus yang disebut Human Papillomavirus atau HPV. Anda bisa terkena virus ini melalui kontak seksual dengan seseorang yang memiliki virus tersebut. Infeksi HPV sendiri dapat menyebabkan displasia atau pertumbuhan sel-sel abnormal pada mulut rahim atau serviks.

Kanker mulut rahim pada stadium awal biasanya tidak memiliki gejala. Namun, ketika kanker telah berkembang dan menyebar ke dalam jaringan di dekatnya, maka gejala umum yang muncul adalah :

  • Pendarahan abnormal pada vagina, seperti pendarahan setelah berhubungan seks, perdarahan setelah menopause, perdarahan dan bercak antara periode menstruasi, memiliki periode menstruasi yang lebih panjang atau berat dari biasanya, dan perdarahan setelah melakukan douching atau setelah pemeriksaan panggul.
  • Nyeri saat berhubungan seks.
  • Nyeri panggul dan nyeri di perut bagian bawah.

Untuk pencegahan kanker mulut rahim, Anda dapat melakukan vaksinasi HPV yang dapat melindungi beberapa jenis HPV termasuk yang menyebabkan kanker. Pemberian vaksin HPV direkomendasikan sebanyak tiga dosis dalam tiga kali pemakaian. Vaksin pertama diberikan pada masa remaja yaitu 11-12 tahun, vaksin kedua diberikan satu atau dua bulan setelah vaksin pertama. Lalu, vaksin ketiga diberikan 6 bulan setelah vaksin pertama.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

seventeen − 11 =