Vaksin Tipes Untuk Pencegahan Terbaik

Vaksin Tipes Untuk Pencegahan Terbaik

Dalam jadwal imunisasi anak, ada vaksin tipes. Jenis vaksin tersebut sangat dianjurkan untuk anak usai 2 tahun. Pemberiannya akan diulang tiap tiga tahun sekali. Selain itu, pemberian vaksin ini juga diberikan bagi siapa saja yang ingin berkunjung ke negara endemik tipes.

Bahaya penyakit tipes tersebut, membuat vaksin wajib diberikan. Bukan hanya gejalanya yang kronis, namun tipes juga bisa menyebabkan kematian.

vaksin typus

Efek Samping Dari Vaksin Tipes

Seperti halnya pemberian vaksin lain, pemberian vaksin tipes juga bisa menyebabkan beberapa efek samping. Beberapa di antaranya adalah:

  • Munculnya rasa sakit dan bengkak pada kulit yang disuntik
  • Demam

Efek samping ini hanya terjadi dalam kurun waktu singkat. Efek ini dihasilkan selama pembentukan antibodi terhdap virus tipes.

Pemberian vaksin hanya sebagai tindakan pencegahan. Karenanya tidak semua orang yang diberikan vaksin bisa kebal seratus persen akan virus ini. Resiko ini masih tetap ada. Namun gejalanya tak akan separah orang yang belum diberikan vaksin.

Langkah Mencegah Penyakit Tipes Selain Pemberian Vaksin Tipes

Wilayah negara berkembang termasuk Indonesia adalah area yang rawan penyebaran penyakit tipes. Makanya pemberian vaksin wajib dilakukan. Namun untuk pencegahan optimal, perlu pula melakukan beberapa hal. Karena penyakit datang melalui gaya hidup yang tak sehat.

Inilah langkah pencegahan selain pemberian vaksin tipes:

  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
  • Mencuci tangan sesusah buang air besar
  • Meminum air yang sudah direbus, khususnya bagi yang ada di negara endemik tipes
  • Hindari jajan sembarangan
  • Hindari konsumsi es batu maupun es krim di pinggir jalan
  • Hindari konsumsi buah dan sayur mentah
  • Membersihkan WC secara teratur

Itulah beberapa cara pencegahan penyakit tipes paling mudah. Bisa dilakukan dengan menjaga hidup sehat. Termasuk kebersihan tempat tinggal dan berhati-hati saat memilih makanan dan minuman.

Meskipun demikian, pemberian vaksin tipes tetaplah penting. Karena resiko penyakit tipes bisa menyerang siapa saja, tanpa mengenal usia dan jenis kelamin.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

1 × 3 =

×
Hallo