Vaksin Serviks – Beberapa Hal Yang Memicu Kanker Serviks

Vaksin ServiksMenurut data WHO, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks ini dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita dunia. Penyakit Kanker serviks (leher rahim) banyak menimbulkan kasus kematian karena gejalanya tidak terdeteksi hingga masuk stadium lanjut.  Penyakit ini terutama dihinggapi oleh perempuan yang telah aktif melakukan hubungan seksual (yang sudah menikah atau yang sering free sex).

Kanker serviks (leher rahim) merupakan salah satu penyakit paling ganas bagi perempuan di dunia. Peringkat teratas kematian oleh kanker, disebabkan oleh penyakit jenis ini. Kanker serviks sebagian besar disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) yang menyerang mulut rahim. Selain itu, dapat disebabkan oleh paparan radiasi/bahan kimia dalam jangka waktu lama. Penyebaran virus ini terjadi melalui sentuhan kulit secara langsung, ataupun melalui hubungan seks melalui vagina, anal, serta oral.

Yang memicu pertumbuhan sel-sel kanker
1. Kebiasaan hidup yang tidak sehat juga dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker,
2. Perempuan yang merokok memiliki risiko terjangkiti kanker serviks dua kali lebih besar dibandingkan dengan perempuan yang tidak merokok,
3. Kurangnya konsumsi sayur dan buah serta obesitas juga meningkatkan risiko terkena penyakit ini.
4. Menikah dalam usia yang sangat muda,
5. Penggunaan pil kontrasepsi (KB) dalam jangka panjang,
6. Berganti-ganti pasangan yang dapat terinfeksi virus lain seperti herpes, clamydia, dan HIV di leher rahim,
7. Penggunaan pembalut kurang baik (lebih dari 4 jam) dapat memicu kanker serviks .

Pencegahan dari kanker serviks
Vaksin Serviks ialah upaya pencegahan terhadap kanker servirks pada wanita. Dengan adanya pemeriksaan dini terhadap wanita merupakan langkah awal dalam menjaga kesehatan wanita. Hindari kanker serviks sejak dini dalam kehidupan keluarga anda dengan vaksin serviks.

Lakukanlah pemeriksaan berkala kesehatan anda dan juga anak perempuan anda, lakukanlah Pap Smear (pengujian medis untuk mendeteksi ada tidaknya gangguan pada leher rahim) untuk deteksi dini dan anda dapat mulai konsultasi dengan dokter anda. Perlukah vaksin serviks? Mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati. Dan juga biaya mencegah lebih murah dari pada biaya mengobati.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment