Vaksin Rabies – Anak-Anak Paling Berisiko Terhadap Infeksi Rabies

Vaksin RabiesSering kita mendengar kata rabies dari kata anjing rabies, hal itu memang terjadi dan banyak manusia tertular virus rabies yang diderita hewan tersebut. Dari sekian banyak penduduk, sebagian besar belum mengetahui bahaya nya virus rabies, kenapa? Karena banyak dari sekian penduduk yang memelihara hewan di rumah bahkan tidur bersama hewan di kamar tidurnya bagaikan saudaranya sendiri.

Virus Rabies adalah penyakit yang dapat dicegah dan diobati, penyakit ini diakibatkan oleh virus yang biasanya terjadi pada hewan mamalia. Penyakit ini paling sering ditularkan melalui gigitan hewan yang terinfeksi. Sebagian besar rabies yang dilaporkan setiap tahun terjadi pada hewan liar seperti kelelawar, sigung, rubah, dan rakun.

Anjing adalah sumber utama yang paling tidak terkendali yang menularkan rabies pada manusia. Anak anak paling berisiko terhadap infeksi rabies. Karena seringkali Anak-anak lebih mungkin untuk digigit anjing , dan juga lebih mungkin berefek lebih parah di area tubuh mereka yang berisiko tinggi jika terkena gigitan. Eksposur parah dari rabies membuat pencegahan di masa depan menjadi lebih sulit, kecuali jika akses ke perawatan medis yang tepat tersedia.

Gejala rabies pada manusia
Gejalan-gejala awal rabies pada manusia termasuk mudah marah, pusing, demam, dan gatal pada lokasi gigitan. Ketakutan pada air (hydrophobia) juga mungkin timbul. Kecepatan pergerakan penyakit di tubuh penderita tergantung pada lokasi gigitan dan berapa banyak virus yang masuk ke tubuhnya. Dalam beberapa hari, penyakit ini akan berkembang menjadi kelumpuhan, gangguan pernafasan, kejang-kejang, halusinasi, bahkan sampai pada kematian. Hal ini harus segera diatas dengan menggunakan vaksin rabies, saat ini banyak klinik yang menjual vaksin-vaksin termasuk vaksin rabies.

Pertolongan pertama yang tergigit hewan rabies
Jika ada orang yang tergigit atau tercakar anjing atau kucing atau binatang mamalia lainnya, segera cuci lukanya dengan air dan sabun, lalu pergi ke dokter hewan terdekat. Jika ada kecurigaan bahwa hewan penggigit tersebut sudah tertular virus rabies, maka jangan khawatir penyakit tersebut bisa dicegah dengan cara mendapatkan suntikan-suntikan anti virus yang berupa vaksin rabies.

Baca juga:

Kapan vaksin rabies dilakukan
Tentang penyakit rabies dan pencegahannya
Waspadai meningitis saat ingin berergian ke luar negeri
Meningitis untuk para calon jamaah Haji dan Umroh
Apa itu penyakit Meningitis??
Vaksinasi sebelum mengunjungi negara Arab Saudi
Meningitis dapat di cegah dengan vaksinasi
Syarat untuk Haji dan Umroh harus di vaksinasi dulu

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.

error: Content is protected !!