Vaksin Pneumonia – Penyakit Radang Paru (Pneumonia) Dapat Di Cegah Dengan Vaksin

Radang paru-paru (bahasa Inggris: pneumonia) adalah sebuah penyakit pada paru-paru di mana pulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer meradang dan terisi oleh cairan. Radang paru-paru dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, termasuk infeksi oleh bakteria, virus, jamur, atau pasilan (parasite). Radang paru-paru yang disebabkan oleh bakteri biasanya diakibatkan oleh bakteri streptococcus dan mycoplasma pneumoniae. Radang paru-paru dapat juga disebabkan oleh kepedihan zat-zat kimia atau cedera jasmani pada paru-paru atau sebagai akibat dari penyakit lainnya, seperti kanker paru-paru atau berlebihan minum alkohol.

Jenis radang paru-paru dari lokasi infeksi dapat dibagi menjadi:

  1. Infeksi ambulant pneumonia atau di luar rumah sakit Penyebab: Streptococcus pneumonia ( 30-60 % )
  2. Infeksi nosokomial pneumonia atau pasien memperolehnya dari masa dia tinggal di rumah sakit Penyebab: > 60 % Gram negativ misalnya Pseudomonas dan sisanya gram positiv seperti staphylokokken

Pembagian ini penting karena bakteri yang berasal dari rumah sakit memiliki komplikasi yang lebih tinggi dan memerlukan penangana antibiotika yang lebih selektif dibandingkan dengan yang diterima ambulant atau di luar rumah sakit.

Salah satu kasus radang paru-paru yang mempunyai tingkat kematian tinggi pada saat ini adalah kasus radang paru-paru yang disebabkan oleh Flu burung.

Gejala Penyakit Pneumonia

Biasanya diawali oleh batuk, sakit dada, demam, dan kesulitan bernapas. pada anak- anak gejala ini sangat khas terlihat, namun pada orang dewasa atau usia lanjut, terkadang radang paru ini tidak bergejala sama sekali atau hanya seperti batuk- batuk biasa. Oleh karena itu sering sekali disepelekan baik oleh penderita, keluarga maupun oleh petugas medis.

Seseorang yang terkena sakit paru-paru tidak merasakan gejala apa-apa kecuali 60 % dari paru-parunya telah rusak.

Cara mencegah Penyakit Radang Paru(Pneumonia)

Pneumonia sudah bisa dicegah dengan VAKSINASI/ Imunisasi. Saat ini sudah tersedia vaksin Pneumonia, yaitu Prevenar dan Pneumo 23, serta synflorix.

Synflorix dan Prevenar digunakan untuk anak- anak.

Pneumo 23 dan Prevenat digunakan untuk orang dewasa terutama manusia usia lanjut.

 

Baca juga :

Polio wajib bagi seluruh dunia
Peneumonia – Radang Paru
Gejala yang ditandai pneumonia
Bakteri penyebab pneumonia
Akibat penyakit pneumonia
Beberapa orang yang kemungkinan beresiko penyakit peneumonia

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.

error: Content is protected !!