Vaksin Perjalanan – Ayo Vaksin Sebelum Berpergian Ke Luar Negeri…

Liburan adalah hal yang sering di nanti-nanti setiap orang, biasanya pada musim liburan seperti libur hari raya natal dan tahun baru, Perjalanan ke luar negeri menjadi target banyak orang untuk menghabiskan masa liburannya.

Tetapi liburan apapun yang anda rencanakan tentu memerlukan persiapan yang matang dan direncanakan dengan baik, bukan hanya menyangkut dokumen yang diperlukan seperti surat perjalanan passport, visa berkunjung ke negara yang anda ingin tuju, rencana keuangan, penginapan, buah tangan yang akan anda beli dan bawa pulang untuk sanak saudara anda yang menanti kepulangan anda, tapi juga persiapan dari segi fisik dan mental anda, lebih spesifik adalah kesehatan anda sendiri sebagai pelaku perjalanan ini.

Apakah anda sudah yakin bahwa anda dalam kondisi yang bagus untuk perjalanan ini ?

Sebaiknya status kondisi kesehatan anda harus dalam keadaan prima, tidak sedang menderita suatu penyakit akut, yang memerlukan perhatian dan pengobatan segera, demikian juga bila anda memang menderita penyakit khronik menahun, seperti misalnya penyakit jantung, hipertensi, diabetes melitus, penyakit paru atau penyakit ginjal dan penyakit hati, maka anda  harus mengetahui dengan pasti bahwa penyakit khronik menahun  ini telah benar-benar dalam kondisi terkontrol, tidak sedang mengalami “ke-kambuhan”  yang mendadak, dan bahwa kondisi anda ini tidak akan terpengaruh dengan melakukan perjalanan jauh, memakai pesawat terbang yang akan terbang sekian belas jam atau kapal laut yang akan berlayar sekian minggu ditengah laut lepas.

Bila  jawaban nya adalah positif dan baik, maka anda mulai melihat persiapan apa yang harus anda lakukan untuk mlakukan perjalanan wisata kita.

Karena anda akan meninggalkan rumah anda, menginap  ditempat baru yang akan anda kunjungi, dan memakan semua makanan yang akan anda temukan ditempat baru tersebut, dan biasanya penyakit yang sering timbul pada para wisatawan adalah berkaitan dengan makanan dan minuman yang mereka santap dan minum, juga berkaitan dengan tempat tinggal seperti hotel, rumah penduduk atau hostel, karena makanan minuman yang didapatkan dan juga kebersihan tempat tinggal tidak menjamin seperti sewaktu anda ada dirumah anda sendiri.

Perjalanan internasional  bisa menyebabkan hal-hal atau resiko yang tidak di-inginkan bagi kesehatan anda sebagai wisatawan, dan hal ini sepenuhnya sangat tergantung pada sifat perjalanannya anda sendiri. Misalnya terjadi perubahan ketinggian yang mendadak, pada saat mengunjungi tempat dataran tinggi misalnya, atau perubahan temperature atau suhu udara dan kelembaban udara setempat yang drastis daripada tempat asalnya, ataupun paparan terhadap kuman atau bakteri yang terdapat endemik ditempat tujuan wisata itu.

Oleh karena itu vaksin perjalanan sangat penting anda lakukan sebelum anda melakukan perjalanan liburan anda. karena dengan anda melakukan vaksin perjalanan anda tidak akan mudah terserang virus atau penyakit dari negara yang anda ingin kunjungi tersebut.

Cara terbaik untuk mengetahui jenis vaksin perjalanan apa yang anda perlukan, adalah berkonsultasi dengan dokter Anda, dokter akan memberikan petunjuk dan saran vaksin apa yang Anda perlukan, kapan vaksinasi itu harus dilakukan, segi-segi keamanan dan efek samping apa yang mungkin terjadi dengan vaksinasi yang akan Anda dapatkan, dan lain-lain hal yang mungkin Anda perlu ketahui sebelum Anda memulai perjalanan berlibur Anda.

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.