Vaksin PCV – Mengenal Vaksin PCV Untuk Anak Anda…

Imunisasi merupakan bagian dari pemantauan kesehatan yang menjadi kebutuhan dasar anak untuk tumbuh kembang optimal. WHO mengungkapkan, imunisasi mencegah 2-3 juta kematian tiap tahunnya. Imunisasi bukan hanya melindungi seseorang terhadap penyakit tertentu, namun juga bisa menurunkan angka kejadian (prevalensi) penyakit. Bahkan mengubah epidemi penyakit dan menghilangkan penyakit.

Dengan menjalankan jadwal imunisasi secara lengkap, tumbuh kembang anak juga lebih optimal karena kesehatannya terpelihara dengan baik.

Mengenal Vaksin PCV Untuk Anak Anda…

Jenis vaksin PCV ini tergolong baru di Indonesia. Vaksin PCV atau Pneumococcal Vaccine alias vaksinasi pneumokokus memberikan kekebalan terhadap serangan penyakit IPD (Invasive Peumococcal Diseases), yakni meningitis (radang selaput otak), bakteremia (infeksi darah), dan pneumonia (radang paru).

Ketiga penyakit ini disebabkan kuman Streptococcus Pneumoniae atau Pneumokokus yang penularannya lewat udara. Gejala yang timbul umumnya demam tinggi, menggigil, tekanan darah rendah, kurang kesadaran, hingga tak sadarkan diri.

Penyakit IPD sangat berbahaya karena kumannya bisa menyebar lewat darah (invasif) sehingga dapat memperluas organ yang terinfeksi. Diperlukan imunisasi Pneumokukus untuk mencekal penyakit ini.

Usia & Jumlah Pemberian:

Dapat diberikan sejak usia 2 bulan, kemudian berikutnya di usia 4 dan 6 bulan. Sedangkan pemberian ke-4 bisa dilakukan saat anak usia 12-15 bulan atau ketika sudah 2 tahun.

Bila hingga 6 bulan belum divaksin, bisa diberikan di usia 7-11 bulan sebanyak dua dosis dengan interval pemberian sedikitnya 1 bulan.

Dosis ke-3 dapat diberikan pada usia 2 tahun. Atau hingga 12 bulan belum diberikan, vaksin bisa di berikan di usia 12-23 bulan sebanyak dua dosis dengan interval sedikitnya 2 bulan.


Efek Samping:

Biasanya muncul demam ringan, kurang dari 380c, rewel, mengantuk, nafsu makan berkurang, muntah, diare, dan muncul kemerahan pada kulit. Reaksi ini terbilang umum dan wajar karena bisa hilang dengan sendirinya.

 

Baca juga:

Anak dan Dewasa butuh immunisasi/vaksinasi
Imunisasi pada bayi, pencegahan utama dari penyakit
Hindari penyakit TBC pada anak
Pentingnya imunisasi/vaksin pada bayi
Vaksin kombinasi yang merangsang sistem kekebalan tubuh untuk anak
Vaksin HIB untuk anak anda

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.

error: Content is protected !!