Vaksin Melindungi Tubuh Dari Virus

Vaksin Melindungi Tubuh Dari Virus

vaksin pelindung tubuh

Sebagian besar virus berpotensi menimbulkan penyakit baik pada manusia atau pun hewan. Beberapa jenis virus diketahui juga telah menimbulkan wabah yang telah membunuh jutaan manusia di masa lampau. Untuk melindungi tubuh dari infeksi virus salah satunya adalah dengan melakukan vaksinasi. Secara umum vaksinasi adalah menggunakan kekebalan tubuh sendiri untuk menciptakan perlindungan dari infeksi virus. Ketahuilah bagaimana vaksin bisa melindungi tubuh dari virus.

Penting untuk mengetahui bagaimana vaksin bisa melindungi tubuh dari virus

Vaksin-vaksin yang telah ditemukan saat ini terutama untuk mencegah infeksi penyakit yang berbahaya dan dapat mengancam nyawa. Cara membuat vaksin adalah menggunakan virus yang telah dilemahkan agar dapat membangun imunitas tubuh. Dengan demikian tubuh dapat melindungi diri dari infeksi primer saat terserang kuman.

Cara kerja virus adalah merangsang kekebalan tubuh dengan mengaktifkan infeksi imitasi yang tidak terlalu kuat. Infeksi tersebut bukannya memicu terjadinya penyakit melainkan justru membuat system imunitas tubuh untuk memproduksi antibody dan limfosit T.

Tak jarang, infeksi “palsu” ini memicu gejala gangguang kesehatan ringan seperti demam pasca disuntik vaksin. Hal ini wajar dan tak perlu dikhawatirkan karena tubuh tengah menciptakan kekebalannya sendiri. Setelah infeksi imitasi ini usai tubuh orang yang divaksin akan memproduksi Limfosit T memori sekaligus Limfosit B.

Bila suatu saat virus yang sama menginfeksi tubuh maka antibody akan mengingat metode untuk memusnahkan virus tersebut. Bagi tubuh dibutuhkan waktu selama beberapa minggu pasca vaksin untuk memproduksi kedua tipe Limfosit tersebut. Nah, secara sederhana demikianlah bagaimana vaksin bisa melindungi tubuh dari virus.

Sebagai informasi bagi Anda bila seseorang yang baru saja divaksin terinfeksi kembali oleh virus tersebut, peluang untuk terserang penyakit tetap ada. Alasannya bukan karena vaksin yang disuntikkan tak berfungsi, melainkan imunitas tubuh yang bisa melindungi tubuh dari penyakit belum sempat diproduksi atau kekebalannya belum terbentuk.

Inilah pentingnya vaksinasi terutama bagi bayi dan anak-anak agar proses tumbuh kembangnya berjalan sempurna hingga dewasa. Semoga ulasan ini bisa menjadi referensi kesehatan untuk Anda.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

6 + 5 =

×
Hallo