Vaksin Influenza Pada Anak

Mengapa Vaksin Influenza Penting Untuk Anak Anda?

Kegunaan vaksin influenza adalah untuk mencegah serangan virus influenza yang mengakibatkan batuk pilek hebat, demam tinggi, sesak nafas, radang paru, sehingga dapat menyebabkan kematian. Anak- anak memiliki daya tahan tubuh yang rentan karena imunitas belum matang, oleh karena itu mudah sekali terkena influenza. Jika Anda menginginkan kekebalan sebesar 70 – 90 % untuk menangkal influenza, anak Anda memerlukan vaksinasi Influenza.

Bagaimana  Cara Pemberian Vaksinasi Influenza dan Jadwalnya ? Vaksin Influenza Pada Anak

Satgas Imunisasi Anak merekomendasikan usia minimal pemberian vaksin flu adalah bayi 6 bulan. Pada anak kurang dari 9 tahun, penyuntikan vaksin flu ini dilakukan 2 x sebagai dosis inisiasinya dengan selang 1 bulan. Artinya jika Anak Anda lebih kecil dari 9 tahun, berikan 2 x suntikan yaitu sekarang dan bulan depan, kemudian diulang lagi setiap tahun.

Namun jika Anak Anda di atas 9 tahun, jadwal pemberiannya seperti dewasa yaitu hanya 1 x di tahun ini dan kemudian diulang lagi setiap tahunnya.

Anak di bawah 36 bulan mendapatkan dosis setengah dari dewasa yaitu 0,25 cc. Vaksin ini adalah vaksin mati dan tidak menyebabkan sakit flu. Kekebalan/ antibodi terhadap flu akan muncul 2 minggu setelah dosis inisiasi diberikan.

Apakah Anak Saya Akan Ketagihan Vaksin Flu?

Vaksin influenza walau disuntikkan tiap tahun, bukan artinya dapat membuat ketahigan. Vaksin influenza perlu disuntikkan setiap tahun karena virus flu adalah virus yang gampang bermutasi, oleh karena itu setiap tahun, WHO memberikan rekomendasi ramalan virus yang akan  beredar di tahun depannya, oleh karena itu vaksin flu tahun ini isinya berbeda dengan vaksin flu tahun depan.

Vaksin influenza persis analoginya dengan anti virus komputer di rumah Anda. Jika Anda selalu update tiap tahun, komputer Anda akan terlindung dari virus. Namun jika Anda tidak selalu update, komputer Anda pun bisa terinfeksi virus. Begitu juga tubuh tanpa vaksin flu yang tiap tahun perlu diupdate.

Jenis- jenis vaksin Influenza

Di dunia beredar 2 jenis vaksin flu yaitu vaksin flu yang disemprotkan ke dalam hidung (berisi virus hidup yang dilemahkan) dan juga vaksin flu yang berisi virus mati yang disuntikkan ke tubuh anak. Namun di Indonesia hanya vaksin flu mati yang tersedia.

Jenis- jenis vaksin Influenza

 

Jika anak Anda membutuhkan vaksin Influenza, Anda dapat menghubungi : Klinik Vaksinasi In Harmony

 

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.