Vaksin Influenza (Flu)

Vaksinasi bukan saja milik bayi dan anak- anak, namun orang dewasa pun perlu divaksinasi. Hanya sedikit orang yang paham bahwa imunitas yang kita miliki karena vaksin masa bayi, akan hilang sejalan bertambahnya usia. Di usia 18 tahun, tubuh sudah memerlukan imunisasi baru lagi, orang sering menyebutnya booster.

Di negara-negara tropis seperti Indonesia, influenza terjadi sepanjang tahun. Menurut statistik, influenza menyerang orang Indonesia sekitar 3 – 4 x dalam setahun. Influenza menyumbang kematian pada ribuan orang di seluruh dunia. Biaya pengobatan, biaya penanganan komplikasi, dan kerugian akibat hilangnya hari kerja (absen dari sekolah dan tempat kerja) sangat tinggi.

Komplikasi Influenza

Berbeda dengan batuk pilek biasa, influenza dapat mengakibatkan komplikasi berat. Virus influenza menyebabkan kerusakan sel-sel selaput lendir saluran pernapasan sehingga penderita influenza sangat mudah terserang kuman lain, seperti pneumokokus, yang menyebabkan radang paru (pneumonia). Selain itu, apabila penderita influenza sudah mempunyai penyakit kronis lain sebelumnya (penyakit jantung, paru-paru, ginjal, diabetes dll), penyakit-penyakit itu dapat menjadi lebih berat jika pasien terkena influenza.

Pencegahan Influenza dengan Vaksinasi Flu

Virus influenza tersebar melalui batuk, bersin, dan bersentuhan. Setiap orang dapat terserang influenza tanpa membedakan usia dan tingkat sosial. Cara mencegah agar kita tidak terserang influenza adalah dengan memelihara gaya hidup sehat, yaitu dengan makanan sehat, olah raga teratur dan cukup istirahat. Cara lain yang sangat efektif adalah vaksinasi influenza. Vaksinasi influenza paling efektif dan aman dan dapat memberikan perlindungan selama satu tahun terhadap serangan penyakit influenza.

Sebelum pergi naik haji atau umroh, umat Islam sebaiknya mendapat imunisasi influenza. Bila jamaah terjangkit penyakit influenza, maka pelaksanaan ibadah hajinya tentu akan terhambat. Dengan melakukan imunisasi (pencegahan), kiranya perjalanan akan lebih mudah daripada bila jamaah haji terkena influenza.

Jenis Vaksin Influenza dan Isinya

Vaksin flu ada 2 macam yaitu vaksin flu melalui suntikan, berupa vaksin yang “dinonaktifkan” atau “rekombinan” dan vaksin hidup yang dilemahkan. Vaksin yang non aktif dan rekombinan tidak mengandung virus influenza hidup.Vaksin Flu hidup atau dilemahkan disemprotkan ke dalam hidung.

Sediaan yang ada di Indonesia hanyalah vaksin flu mati. Tiap dosis vaksin flu (0,5 mL) mengandung strain :

• A / H1N1 15 μg HA

• A / H3N2 15 μg HA

• B 15 μg HA

• Thimerosal 4 μg

Flu babi (swine flu) disebabkan oleh virus influenza A subtipe H1N1, H1N2, H3N1, H3N2 dan H2N3. Flu burung (avian flu) di Indonesia disebabkan oleh virus influenza A subtipe H5N1. Oleh karena itu dengan pemberian vaksin flu ini, Anda akan terlindung dari flu babi dan flu burung juga.

Vaksin Influenza (Flu)

Manfaat dan Efek Samping Imunisasi Influenza

Vaksinasi flu adalah perlindungan terbaik terhadap flu dan komplikasinya. Vaksin flu juga mencegah penyebarannya kepada orang lain. Efektifitas perlindungannya sekitar 60 – 90 persen, artinya jika sebelum vaksinasi biasanya bisa terkena flu tiap 3 bulan sekali, setelah vaksin flu, dalam 1 tahun hanya akan menderita flu sekitar 1x atau malahan sama sekali tidak flu.

Masalah Ringan setelah mendapatkan vaksinasi flu yang dinonaktifkan adalah nyeri, kemerah-merahan, atau bengkak pada bagian tubuh yang mendapat suntikan. Vaksin flu yang non aktif ini adalah jenis vaksin flu mati, sehingga tidak menyebabkan sakit influenza. Namun perlu diketahui bahwa antibodi mulai tumbuh 1- hari – 2 minggu setelah vaksinasi, oleh karena itu, seandainya Anda terpapar influenza 2-3 hari ke depan setelah vaksinasi, bukan artinya vaksinnya menyebabkan Anda terserang flu, namun karena belum tumbuh antibodi/ kekebalannya.

Masalah lain yang timbul adalah alergi. Jika Anda alergi berat terhadap telur dan antibiotik, sebaiknya tidak mendapat vaksin ini. Masalah lainnya jarang terjadi karena vaksin flu ini adalah vaksin yang sangat aman.

Wanita hamil perlu dan boleh divaksinasi dengan vaksin flu agar bayi yang dikandungnya tidak terpapar oleh antibiotik yang sebenarnya tidak perlu dikonsumsi.

Cara Pemberian Vaksin Flu dan Jadwalnya untuk Dewasa

Sebaiknya vaksinasi flu diberikan setiap tahun baik untuk anak- anak maupun orang dewasa hingga manula. Disuntikkan di lengan kanan / kiri atas. Anak yang boleh menerima vaksinasi ini minimal usia 6 bulan. Diberikan setiap tahun hingga dewasa dan manula.

Mengapa Diperlukan Setiap Tahun Vaksin Flu ?

Virus influenza selalu berubah-ubah (mutasi). Setiap tahun, vaksin flu dibuat untuk melindungi terhadap 3-4 virus yang kemungkinan menyebabkan penyakit tahun itu. Vaksin flu tidak dapat mencegah semua kasus penyakit flu, namun merupakan pertahanan terbaik melawan penyakit ini. Penelitian mengenai jenis virus mana yang akan beredar tahun depannya dilakukan oleh lembaga penelitan WHO.

Siapa yang Perlu Divaksinasi Flu ?

Penggunaan vaksin influenza di Indonesia masih sangat rendah. Hanya sekitar 300.000 per tahun (sudah termasuk untuk jemaah haji). Padahal Korea yang penduduknya jauh lebih sedikit daripada Indonesia menggunakan vaksin influenza 10 juta per tahun.

Semua orang perlu divaksinasi setiap tahun oleh vaksin flu untuk mengurang angka kesakitan dan jumlah kesakitan karena flu. Yang sangat mendapatkan dan merasakan manfaat adalah orang- orang dengan penyakit kronis seperti diabetes, asthma, penyakit paru lainnya, penyakit jantung, ginjal, juga orang dengan penyakit telinga.

Orang- orang dengan penyakit kronis dapat meninggal jika terkena flu, hal ini disebabkan karena eksaserbasi penyakit kronisnya yang dicetuskan oleh influenza.

Berapa Harga Vaksinasi Influenza ?

Vaksin Flu dibandrol dengan harga kurang lebih 200 ribu rupiah untuk 1 tahun perlindungan. Harga ini sangat murah dibandingkan dengan uang yang harus kita keluarkan jika terkena influenza itu sendiri, meliputi pemeriksaan dokter, antibiotik, obat demam, obat batuk dna pilek, anti alergi dan vitaminnya, yang mana melebihi 300 ribu rupiah per 1 x flu. Oleh karena itu sangat ekonomis jika Anda mendapatkan vaksinasi flu setiap tahunnya.

Jika Anda membutuhkan vaksin Influenza, dapat menghubungi : Klinik Vaksinasi In Harmony

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.

error: Content is protected !!