Vaksin Influenza dan Efek Sampingnya

Vaksin Influenza dan Efek Sampingnya

Vaksin influenza adalah salah satu cara pencegahan penyakit flu yang bisa diterapkan. Khususnya pada saat memasuki musim hujan dimana tubuh sangat rawan terkena sakit flu.

Penyakit yang sering disepelekan ini bisa menimbulkan berbagai gejala mulai ringan hingga berat. Gejala ringan yang ada ialah: batuk, pilek, sakit kepala, demam, dan lemas. Sedangkan gejala berat yang bisa timbul ialah: demam tinggi hingga menggigil, batuk disertai darah, serta nyeri kepala berat.

Maka, vaksin flu dianggap penting dan semakin mudah ditemukan serta dijangkau. Kenali lebih banyak tentang vaksin flu, termasuk pula manfaat dan efek sampingnya berikut ini:

vaksin influenza

Manfaat Vaksin Influenza

Vaksin flu bisa membentuk antibody pada tubuh. Maka jika virus menyerang, tubuh bisa melawan virus sebelum menyebabkan masalah besar. Vaksin ini dianjurkan pada siapa saja yang hendak bepergian jauh, termasuk ke luar negeri.

Pada lansia, dan penderita penyakit kronis, vaksin juga bisa dilakukan. Karena jika penyakit flu menyerang pada penderita penyakit menahun bisa menimbulkan komplikasi lanjutan.

Kapan Pemberian Vaksin Flu Diberikan?

Vaksin influenza diberikan setahun sekali atau saat diperlukan. Anda bisa melakukan vaksinasi di dokter, klinik, maupun rumah sakit karena kini vaksin flu makin mudah ditemui. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan vaksinasi.

Efek Samping Vaksin Flu

Sama halnya dengan vaksin lain, vaksin influenza juga bisa menimbulkan efek samping. Berikut ini beberapa efek samping yang bisa dialami penerima vaksin:

  • Rasa nyeri di area suntikan
  • Bisa diiringi demam rendah
  • Rasa gatal di area suntikan
  • Badan menjadi lesu

Itulah beberapa efek samping yang sering terjadi. Untuk gangguan pernapasan, rasa gatal yang parah, serta detak jantung yang lebih cepat sangat jarang terjadi.

Istirahat yang cukup dan minum vitamin bisa mengurangi gejala efek samping yang ditimbulkan akibat vaksin ini. Atau konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Perlu pula diketahui bahwa tak semua orang bisa melakukan vaksin influenza. Beberapa orang yang tidak diperbolehkan mendapatkan vaksin flu ialah:

  • Orang dengan riwayat penyakit GBS
  • Memiliki alergi yang berhubungan dengan vaksin

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

18 − sixteen =

×
Hallo