Vaksin Herpes

Penyakit herpes adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus varicella-zoster. Biasanya setelah seseorang menderita cacar air virus varicella – zoster akan menetap dalam kondisi dorman /tidak aktif. Tetapi apabila seseorang mengalami penurunan imunitas seluler maka virus tersebut dapat aktif kembali dan menyebar melalui saraf tepi ke kulit sehingga menimbulkan penyakit herpes zoster.

Selain itu biasanya di kulit virus tersebut akan memperbanyak diri/ multiplikasi dan membentuk bintil-bintil kecil berwarna merah, berisi cairan, dan menggembung pada daerah sekitar kulit yang di lalui virus tersebut.

Pada dasarnya penyakit herpes di tularkan antar manusia melalui kontak langsung dan cenderung lebih menyerang orang lanjut usia dan penderita penyakit imunosupresif/ sistem imun yang lemah seperti penderita AIDS, Leukemia,Dan Lupus.

Gejala Penyakit Herpes

Pada awal terinfeksi virus tersebut, pasien akan menderita rasa sakit seperti terbakar dan kulit menjadi sensitif selama beberapa hari hingga satu minggu. Penyebab terjadinya rasa sakit yang akut tersebut sulit dideteksi apabila ruam (bintil merah pada kulit) belum muncul. Ruam shingles mulai muncul dari lepuhan (blister) kecil di atas dasar kulit merah dengan lepuhan lainnya terus muncul dalam 3-5 hari. Lepuhan atau bintil merah akan timbul mengikuti saraf dari sumsum tulang belakang dan membentuk pola seperti pita pada area kulit.

Penyebaran bintil-bintil tersebut menyerupai sinar (ray-like) yang disebut pola dermatomal. Bintil akan muncul di seluruh atau hanya sebagian jalur saraf yang terkait. Biasanya, hanya satu saraf yang terlibat, namun di beberapa kasus bisa jadi lebih dari satu saraf ikut terlibat. Bintil atau lepuh akan pecah dan berair, kemudian daerah sekitarnya akan mengeras dan mulai sembuh. Gejala tersebut akan terjadi dalam selama 3-4 minggu. Pada sebagian kecil kasus, ruam tidak muncul tetapi hanya ada rasa sakit.

Cara Mencegah Penyakit Herpes

Cara mencegah penyakit herpes, salah satunya adalah dengan pemberian vaksinasi. Vaksin herpes berfungsi untuk meningkatkan respon spesifik limfosit sitotoksik terhadap virus tersebut pada pasien seropositif usia lanjut. Vaksin herpes dapat berupa virus herpes yang telah dilemahkan atau komponen selular virus tersebut yang berperan sebagai antigen. Penggunaan virus yang telah dilemahkan telah terbukti dapat mencegah atau mengurangi risiko terkena penyakit tersebut pada pasien yang rentan, yaitu orang lanjut usia dan penderita imunokompeten, serta imunosupresi.

 

Baca juga :

Herpes Zozter dan Vaksin Herpes Zoster
Apa itu vaksin cacar ular?
Cacar air dan vaksin cacar air
Pentingnya vaksin cacar dan campak
Manfaat dari vaksin cacar air
Balita rentan terkena penyakit cacar
Vaksinasi Influenza

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.

error: Content is protected !!