Vaksin Herpes Zoster

Herpes zoster adalah suatu penyakit yang membuat sangat nyeri. Penyakit ini juga disebabkan oleh virus herpes yang juga mengakibatkan cacar air (virus varisela zoster). Seperti virus herpes yang lain, virus varisela zoster mempunyai tahapan penularan awal (cacar air) yang diikuti oleh suatu tahapan tidak aktif. Kemudian, tanpa alasan virus ini jadi aktif kembali, menjadikan penyakit yang disebut sebagai herpes zoster.

Penyakit ini pada umumnya ditandai dengan luka melepuh atau gelembung-gelembung berisi air dan berkelompok yang menyakitkan biasanya didaerah mulut dan sekitarnya dan bahkan sampai ke alat kelamin. Dan ada juga beberapa orang yang mengalami penyakit herpes untuk bagian anus, mata, jari-jari tangan atau kaki. Jenis penyakit ini juga bisa menular terjadi lewat kontak langsung.

Gejala-gejala awal penyakit herpes ini yaitu rasa sesak nafas, demam, menggigil, sendi teras nyeri, pegal hanya pada satu bagian tubuh saja. Biasanya pasien penyakit herpes juga merasa terserang usus buntu, migraine atau serang jantung. Kemuadian akan muncul gelembung kecil didaerah punggung tetapi pada satu sisi saja yaitu pada daerah persarafan tertentu. Gelembung tersebut terasa nyeri dan bisa pecah sehingga dapat terinfeksi oleh bakteri.

Ada beberapa jenis obat anti virus – acyclovir, valacyclovir, dan famciclovir – yang bisa diperoleh dipasaran untuk mengobati penyakit Herpes Zoster. Obat antivirus ini akan membantu mempersingkat lamanya penyakit berlangsung dan meringankan derajat keparahan penyakit. Supaya pengobatan ini efektif dan ampuh, obat harus segera diberikan pada saat terjadi tanda kemerahan ruam dikulit yang disertai rasa perih, sebelum terbentuknya gelembung air dikulit dan timbulnya gejalah penyakit yang lain.

Obat analgetik penghilang rasa nyeri bisa diberikan, dan kompres basah, lotion calamine dan krem penghilang rasa gatal bisa ditambahkan.

Namun yang lebih efektif adalah dengan pemberian vaksinasi dengan menggunakan Vaksin Herpes Zoster untuk mencegah timbulnya penyakit Herpes Zoster ini.

Di Amerika beredar vaksin herpes zoster yang direkomendasikan oleh US CDC (Centers for Diseases Control and Prevention) di anjurkan untuk mereka yang berusia 60 tahun atau lebih untuk diberikan vaksinasi ini, untuk mencegah terjadinya penyakit Herpes Zoster pada orang tua ini. Vaksin Zostavax berisi virus VZV yang sama dengan vaksin Varicella untuk mencegah penyakit cacar air atau chickenpox. Hanya saja dengan dosis antigen yang lebih tinggi.

 

Baca juga :

Vaksin Herpes
Apa itu vaksin cacar ular?
Cacar air dan vaksin cacar air
Pentingnya vaksin cacar dan campak
Manfaat dari vaksin cacar air
Balita rentan terkena penyakit cacar

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.

error: Content is protected !!