Vaksin Hepatitis A untuk Pelaut

Artikel by : dr Meta Melvina

Menjadi pelaut / sailor adalah suatu kebanggan tersendiri. Mengarungi lautan sudah dikerjakan dari zaman nenek moyang kita. Oleh karena itu penyakit hepatitis A yang pernah mewabah pun tidka jarang terjadi di lingkungan pengarung samudera.

Hepatitis A adalah infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A. Penyakit ini biasanya ringan, tetapi tingkat keparahan cenderung meningkat sejalan dengan usia. Penyakit tanpa gejala sering dialami anak- anak. Penyakit kuning dapat terjadi pada 70-80% dari mereka yang terinfeksi semasa dewasa. Hepatitis Fulminant (berat) dapat terjadi walaupun jarang. Penyakit hepatitis A dapat menyebabkan kematian, namun karena saat ini dunia kedokteran sudah baik, jarang yang mengalami kematian, kecuali pada penderita yang sudah memiliki penyakit liver sebelumnya. Penyakit hepatitis A berbeda dengan hepatitis B, dalam hal hepatitis A tidak pernah menjadi kronis (long term) dan kerusakan liver secara kronis pun tidak terjadi.

Mengapa Pelaut Membutuhkan Vaksinasi Hepatitis A ?

Saat ini vaksinasi hepatitis A diwajibkan bagi Anda yang bekerja di laut lepas. Bukan untuk mempersulit izin Anda, namun vaksin ini melindungi Anda dari penyakit menular yang sering kali terjadi kapal. Hepatitis A menular melalui makanan, sama halnya dengan tifoid dan diare. Satu saja orang yang terkena penyakit tiga serangkai ini, penyakit ini akan mundah menyebar ke orang lain.

Orang yang hidup berkelompok seperti halnya pelaut, pesantren, asrama, biarawan- biarawati makan dari catering yang sama dan satu, tidak bisa memilih- milih makanannya, oleh karena itu jika ada 1 saja kuman yang ada, dapat menyebar semuanya kepada penghuni kapal.

Kapan waktu yang paling tepat untuk mendapatkan vaksin Hepatitis A ?

Vaksinasi Hepatitis A secara ideal dilakukan 6 bulan sebelum keberangkatan sehingga Anda mempunyai kekebalan penuh untuk seumur hidup. Setidaknya minimal 2 minggu sebelum keberangkatan, Anda mendapatkan 1 x vaksin Hepatitis A. Namun setelah dosis pertama tersebut, Anda perlu mendapatkan vaksinasi boosternya di bulan ke -6 hingga 12 sebanyak 1x booster. Tubuh membutuhkan 2 minggu untuk membentuk antibodi dari vaksin yang disuntikkan.

Bagaimana Teknik Penyuntikan Vaksin Hepatitis A ?

Vaksin hepatitis A berisi virus mati, sebanyak 0,5 cc (sedikit sekali), yang disuntikkan menggunakan jarum kecil di tangan Anda dekat bahu. Suntikan ini tidak menyebabkan demam pada kebanyakan orang, hanya meninggalkan rasa pegal yang hilang dalam beberapa hari. Suntikan ini tidak berbekas dan menimbulkan cacat di kulit dan sangat aman diberikan.

Bagaimana jika hanya mendapatkan 1 kali vaksin Hepatitis A ?

Dosis booster vaksin hepatitis A harus diberikan di bulan keenam sampai 12 bulan setelah dosis awal. Jeda waktu ini memberikan hasil peningkatan titer antibody yang maksimal lebih dari sepuluh tahun. Jika booster ini tidka dilakukan tepat waktu, perlindungan jangka panjang ini tidka dapat dipastikan. Hingga saat ini, hepatitis A adalah vaksinasi yang tidak perlu diulang lagi setelah Anda mendapatkan 2 dosis, setidaknya dalam penelitian 30 tahun ini, masih belum memerlukan dosis ulangan. Namun ilmu pengetahuan ini masih bisa berubah, tergantung penelitian ilmiah selanjutnya.

Keterlambatan mendapatkan dosis booster Hepatitis A

Idealnya, produsen vaksin merekomendasikan jeda waktu untuk pemberian dosis booster vaksin hepatitis A yang harus diikuti. Dalam praktek, dan khususnya di kalangan wisatawan, mungkin ada penundaan dalam mengakses vaksinasi ini. Penelitian telah menunjukkan bahwa booster dapat dilakukan saat itu juga tanpa mengulang dosis awal, bahkan ketika dosis kedua tertunda selama beberapa tahun, sehingga vaksinasi tidak perlu dilakukan dari awal lagi, walaupun tidak diketahui titer antibodinya apakah akan bertahan lebih dari 10 tahun atau tidak, namun tetap bermanfaat untuk melindungi tubuh.

Sertifikasi Vaksin Hepatitis A Internasional

In Harmony Clinic adalah klinik vaksinasi bersertifikat internasional. Anda yang suntik di klinik kami akan mendapatkan sertifikat internasional lengkap dengan label dari botol suntikan.

Sertifikat yang kami berikan adalah sertifikat yang terstandar oleh CDC (Center for Disease Control) dari WHO (Badan Kesehatan Dunia). Jadi sertifikat ini resmi dan diakui di semua negara. Sertifikat ini berbeda dengan sertifikat vaksin Indonesia yang dikeluarkan oleh KKP khusus Haji dan Umroh yang menggunakan lambing Garuda Indonesia, walaupun warnanya sama- sama kuning.

Bagaimana caranya mendapatkan vaksinasi ini ?

Vaksinasi Hepatitis A dapat dilakukan secara kolektif di kantor pelaut ataupun datang ke klinik kami satu persatu. Klinik kami telah bekerja sama dengan beberapa kantor di bidang maritim ini sehingga Anda tinggal datang dan disuntik, kemudian kami akan mengurus administrasinya. Namun sebelumnya sudah harus ada MOU (perjanjian kerja sama) antara klinik In Harmony dengan kantor Anda. Jika belum ada MOU, Anda akan dilayani seperti pasien biasa, mendapatkan tanda bukti bayar dan bisa diklaimkan ke perusahaan Anda untuk mendapatkan reimbursement.

Call now !!! 021 -422 021 4 atau 021 – 424 8790 untuk vaksinasi Hepatitis A.

Author Info

No Comments

Post a Comment

twenty + twenty =