Vaksin DPT – Cegah Penyakit DPT Dengan Vaksin

DPT merupakan singkatan dari Difteri, Pertusis, Tetanus.

Difteri : Difteri adalah penyakit serius yang dapat menyebabkan kematian dengan gejala awal lemah atau susah bernafas. Kadang-kadang dapat menyebabkan gagal jantung atau lumpuh. Penyebabnya adalah kuman Corrynaebacterium diphteriae yang menyerang saluran pernafasan atas.

Pertusis : Pertusis (batuk rejan) merupakan infeksi bakteri yang paling berbahaya pada bayi di bawah 6 bulan. Dapat menyebabkan serangan batuk berat (hebat dan panjang) yang disertai  bunyi ‘huup’ yang khas, infeksi telinga dalam dan radang paru. Dalam kasus berat penyakit ini dapat menyebabkan kelainan otak yang serius. Penyakit ini disebabkan bakteri  boerdetella pertussis yang menyerang saluran pernafasan atas.

Tetanus : Tetanus adalah penyakit serius yang disebabkan bakteri clostridium tetani. Kuman ini masuk ke dalam luka dalam dan kotor, atau luka tusuk kecil tetapi dalam, lubang gigi, infeksi telinga dalam. Bakteri ini dapat ditemukan dimana pun kotoran mencermari tanah. Penyakit tetanus ini sangat serius dimana sistem saraf pusat diserang oleh kuman, sehingga dapat menyebabkan otot tubuh kaku dan menjadi kejang, dan bisa menyebabkan anak sulit membuka mulut. Secara lebih spesifik gejala yang ditimbulkan penyakit ini antara lain: susah membuka mulut karena kontraksi pada otot-otot rahang, anak sulit menelan makanan, otot wajah berkontraksi (seakan-anak selalu tersenyum), kejang otot di leher/punggung/perut dan anggota badan lainnya. Masa inkubasi penyakit ini adalah 3-21 hari.

Cegah Penyakit DPT Dengan Vaksin

Salah satu upaya agar anak-anak jangan sampai menderita suatu penyakit adalah dengan jalan memberikan vaksinasi.

Vaksin DPT adalah suatu vaksin 3-in-1 yang melindungi terhadap difteri, pertusis dan tetanus. Vaksin tersebut dilakukan upaya untuk mendapatkan kekebalan terhadap penyakit Diferi, Pertusis, Tetanus dengan cara memasukkan kuman difteri, pertusis, tetanus yang telah dilemahkan dan dimatikan kedalam tubuh sehingga tubuh dapat menghasilkan zat anti yang pada saatnya nanti digunakan tubuh untuk melawan kuman atau bibit ketiga penyakit tersebut.

Vaksin DPT adalah vaksin 3-in-1 yang bisa diberikan kepada anak yang berumur kurang dari 7 tahun. Biasanya vaksin DPT terdapat dalam bentuk suntikan, yang disuntikkan pada otot lengan atau paha.

Dengan vaksinasi ini tubuh akan membuat zat anti dalam jumlah banyak, sehingga anak tersebut kebal terhadap penyakit. Jadi tujuan imunisasi DPT adalah membuat anak kebal terhadap penyakit Difteri, Pertusis, Tetanus.

 

Baca juga:

Cegah penyakit DPT dengan vaksin
DPT – Difteri Tetanus dan Pertusis
Cara penularan dan penyebab penyakit pertusis
Kinerja dari bakteri difteri
Efek samping DPT terhadap anak
Melalui vaksinasi – Cegah Difteri Tetanus dan Pertusis
Akibat terkena penyakit DPT
Penyakit Rotavirus yang mudah menyerang anak
Polio wajib bagi seluruh dunia

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.