Vaksin Dibutuhkan Sebelum Pernikahan

Vaksin Dibutuhkan Sebelum Pernikahan

vaksin 7

 

Pernikahan memang membutuhkan pengorbanan baik dari segi keuangan, mental, dan fisik. Salah satunya adalah jaminan kesehatan yang akan memberi manfaat baik bagi diri sendiri, pasangan, serta calon buah hati. Sebelum menikah, melakukan tes kesehatan serta vaksin sebelum pernikahan sebaiknya dilakukan.

Daftar vaksin sebelum pernikahan

Melakukan imunisasi sebelum menikah dengan orang tercinta dapat dikatakan sebagai bentuk investasi bagi keluarga. Nah, berikut ini adalah daftar imunisasi yang harus Anda dapatkan sebelum pernikahan.

Vaksin TT (Tetanus Toksoid)

Pemerintah mewajibkan vaksin TT sebagai persyaratan sebelum pernikahan. Vaksin dimaksud berfungsi sebagai pemberi imunitas untuk para wanita dan calon ibu dari infeksi virus pemicu tetanus. Pemberian vaksin sebanyak 3 kali dengan interval 1 bulan setiap kali penyuntikan.

Vaksin MMR

Vaksin sebelum pernikahan kedua yang disarankan adalah MMR atau Mups, Measles, dan Rubella. Manfaatnya adalah untuk menjaga kesehatan organ reproduksi serta calon anak. Virus MMR dapat memicu penyakit gondongan yang mengakibatkan infertilitas, sementara Rubella bisa membuat janin lahir dalam kondisi cacat.

Vaksin Varicella Zoster

Vaksin tersebut bertujuan untuk melindungi ibu dan calon bayi dari herpes dan cacar air. Ibu hamil yang terinfeksi virus varicella bisa menularkannya kepada janin.

Vaksin Hepatitis B

Tak hanya wanita, vaksin yang bisa melindungi diri dari penyakit hati ini sebaiknya juga dilakukan oleh pria. Alasannya karena virus tersebut menyebar dengan pertukaran cairan tubuh, termasuk hubungan seksual serta transfuse darah. Vaksin ini diberikan sebanyak 3 kali dengan jarak 1 bulan antara penyuntikan pertama dan kedua. Penyuntikan yang ketiga berjarak 6 bulan kemudian.

Vaksin HPV

Vaksin sebelum pernikahan yang tak kalah penting adalah Human Papilloma Virus untuk meminimalkan resiko kanker serviks. Tak hanya menyerang wanita, virus ini juga dapat menginfeksi pasangannya dan memicu gangguan kesehatan para organ reproduksi.

Pemberian vaksin HPV dilakukan sebanyak 3 kali dengan jarak pemberian 1 bulan untuk yang kesatu dan kedua. Jarak pemberian vaksin yang ketiga adalah 6 bulan. Sayangnya biayanya masih cukup mahal untuk membeli vaksin yang terakhir ini.

Semoga bermanfaat!

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

12 + four =

×
Hallo