Vaksin Combo DpaT + Hib

KlinikVaksinasi.com – Sebenarnya Anda telah mengenal vaksin kombinasi sejak lama. DTP adalah vaksin kombinasi pertama yang menggabungkan vaksin difteri, pertusis, dan tetanus yang telah lebih dari 50 tahun digunakan. Banyak orangtua yang menganggap DPT adalah satu jenis vaksin saja padahal kenyataannya tidak demikian karena sudah digunakan secara luas dan sudah lama masuk ke dalam daftar imunisasi wajib di Indonesia. Banyak orang lupa bahwa DPT adalah vaksin kombinasi.

Apa keuntungan vaksin kombinasi?

Dengan memilih vaksin kombinasi, tentu semakin banyak penyakit yang bisa dicegah. Anda juga dapat mengurangi frekuensi kunjungan ke dokter, menghemat biaya pembelian vaksin, menghemat biaya transportasi menuju tempat praktik dokter atau rumah sakit. Selain itu, vaksin kombinasi dapat mengurangi stress dan rasa sakit anak akibat jarum suktik karena jumlah suntikan bisa jauh dikurangi. Jika anak Anda terlambat diimunisasi, vaksin kombinasi merupakan salah satu solusi untuk mengejar keterlambatan.

Isi Vaksin : dalam 1 vial terdapat :

HAEMOPHILUS TYPE b CONJUGATE VACCINE

• Haemophilus influenzae type b polysaccharide conjugate to tetanus protein

• Trometamol ……………………………………………….. 0,6 mg

• Sucrose……………………………………………………….. 42,5mg

DIPHTERIA-TETANUS-PERTUSSIS VACCINE

• Purified diphtheria toxoid(2) ……………………………… not less than 30 IU

• Purified tetanus toxoid (3) …………………………………. not less than 60 IU

• Bordotella pertussis(4) ………………………………………. not less than 4 IU

• Alumunium hydroxide (expressed as Al) ……………… not more than 1,25mg

• Thiomersal ………………………………………………………. not more than 0,05mg

• 0,9% sodium chloride solution…………………………………………….. up to 0,50 ml

(1) Strain 1472 IM 2164

(2) Strain 1514-N-3S

(3) Strain 1472 C

(4) Strain 1414, 1416

 

Manfaat Vaksin Kombo DPT – Hib

Vaksin ini direkomendasikan untuk anak usia 2 bulan untuk pencegahan terhadap infeksi invasif seperti meningitis, septikemi, epiglotitis yang disebabkan oleh Haemophilus influenzae type b, dan difteri – pertusis – tetanus. TETRAct-HIB tidak melindungi tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh tipe lain dari Haemophilus influenzae.

Pemberian Vaksin

Nama sediaan vaksinasi Hib – dan DPaT adalah Tetract Hib buatan Sanofi Pasteur. Karena kebetulan jadwal Imunisasi Hib dan DpaT bersamaan, maka pemberian vaksin ini secara kombinasi dipakai luas di dunia. Smith dan kawan-kawan telah membuktikan bahwa pemberian vaksin DpaT- Hib cukup aman, imunogenik baik, ditoleransi baik, tanpa peningkatan risiko reaksi lokal atau sistemik dibandingkan dengan pemberian terpisah. Meskipun kadar antibodi yang terbentuk sedikit lebih rendah dibandingkan dengan terpisah, namun kadar tersebut cukup memberikan perlindungan terhadap infeksi. Vaksin ini dapat dipakai sebagai vaksinasi primer maupun booster. Komponen Haemophilus influenzae type b yang terkandung dalam TETRAct_HIB diindikasikan untuk anak hingga usia 5 tahun.

 

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.