Vaksin Campak – Vaksin Sangat Aman Dan Dapat Melindungi

Vaksin CampakImunisasi hendaknya menjadi suatu norma sociasJika anak-anak diimunisasi, berarti kita membantu melindungi masyarakat. Vaksin sangat aman dan dapat melindungi anak seumur hidupnya. Segera imunisasi anak anda atau lingkungan anda sejak dini. Sudahkah anda dan keluarga anda di imunisasi?

Penyakit campak/measles disebabkan oleh virus Morbili. Pada tahun 60-an, di Amerika campak merupakan penyakit yang mengakibatkan kematian 400 balita setiap tahunnya. Gejala campak memang agak sulit dideteksi secara dini. Karena, gejala campak, seperti batuk, pilek, dan demam, menurut Sri, hampir sama dengan penyakit flu biasa. “Padahal, campak merupakan penyakit infeksi yang berbahaya.” Bahkan, gejala munculnya bercak merah di kulit pun hampir mirip dengan karena keracunan obat atau alergi karena dingin.

Penyakit campak merupakan infeksi virus Paramyxovirus yang sangat menular. Gejalanya ditandai dengan demam, batuk, peradangan selaput ikat mata (konjungtiva) dan ruam kulit. Tanpa imunisasi, wabah campak akan terjadi dalam kurun waktu dua-tiga tahun terutama pada anak usia pra sekolah. Karen campak merupakan salah satu penyakit menular yang dapat menginfeksi setiap anak yang tidak terlindungi, tanpa memandang status sosial maupun ekonomi. Jadi setiap anak berisiko terinfeksi campak.

Campak jika dibiarkan bisa mengakibatkan radang paru-paru atau bahkan radang otak. Inilah mengapa pentingnya imunisasi campak pada anak, yaitu agar pencegahan dapat dilakukan, dan jika terkena campak efek dari penyakit tersebut tidak terlalu parah.

Pemberian sebaiknya dilakukan secara subkutan namun juga dapat secara intramuscular, dan disuntikkan pada antro lateral (paha atas) atau deltoid (lengan atas). Pemberian imunisasi vaksin campak di satu wilayah akan melindungi anak-anak di wilayah tersebut terhadap penyakit campak. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka Imunisasi vaksin campak harus mencapai cakupan yang tinggi (>90-95%) pada satu wilayah.

Vaksin campak yang berasal dari virus campak yang hidup dan dilemahkan, vaksin ini tidak boleh terkena sinar matahari. Vaksin yang berasal dari virus campak yang dimatikan (virus campak yang berada dalam larutan formalin yang dicampur dengan garam alumunium). Tiap 0,5 ml mengandung 1000 u virus strain CAM 70, 100 mcg kanamisin, 30 mg eritromisin.

Baca juga :

Semua anak wajib vaksin MMR
MMR mencakup penyakit campak, gondok dan rubella
Penyakit gondok perlu di waspadai
Cara kerja virus rubella
Penyakit gondok merupakan pembesaran kelenjar tiroid
Virus campak menyerang sistem pernapasan dan sistem kekebalan
Cegah penyakit DPT dengan vaksin
Waspadai penyakit rotavirus yang mudah menyerang anak

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.