Vaksin Cacar Ular

Penyakit Cacar Ular (Shingles) adalah ruam kulit yang menyakitkan, yang disebabkan oleh virus varicella zoster . Penyakit ini juga disebut Herpes Zoster. Cacar ular biasanya muncul berkelompok atau berbaris pada satu area kecil di salah satu sisi wajah atau tubuh.

Cacar ular umumnya terjadi pada orang dewasa dan orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah akibat stres, cedera, obat-obatan tertentu, atau alasan lain. Kebanyakan orang yang terkena cacar ular akan membaik dan tidak pernah terkena lagi.

Adapun Gejala penyakit cacar ular terjadi secara bertahap. Pada awalnya Anda mungkin sakit kepala atau sensitif terhadap cahaya. Anda juga mungkin merasa seperti flu tetapi tidak ada demam.

Kemudian, Anda mungkin merasa gatal, kesemutan, atau nyeri di daerah tertentu. Di daerah itulah ruam dapat muncul beberapa hari kemudian. Ruam berubah menjadi kelompok gelembung/lepuh yang terisi dengan cairan dan kemudian mengeras. Gelembung dapat sembuh dalam waktu 2 sampai 4 minggu dan mungkin meninggalkan bekas luka. Beberapa orang hanya mengalami ruam ringan, dan beberapa yang lain tidak mengalami ruam sama sekali.

Anda mungkin juga merasa pusing, atau lemah, atau nyeri jangka panjang atau ada ruam di wajah Anda, perubahan penglihatan, perubahan dalam seberapa baik Anda bisa berpikir, atau ruam yang menyebar. Jika Anda mengalami salah satu dari gejala tersebut, segera hubungi dokter Anda.

Tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkanpenyakit cacar ular. Pasalnya, virus cacar air, yang menjadi cikal bakal cacar ular, sudah menetap di dalam saraf sumsum tulang belakang.

Namun anda tidak perlu khawatir karena anda bisa mencegah virus tersebut dengan melakukan vaksinasi. Sementara, di Indonesia sendiri, vaksin cacar ular tersebut telah direkomendasikan penggunaannya bagi orang dewasa berusia 50 tahun ke atas, dengan indikasi pencegahan terhadap penyakit cacar ular dan post herpetic neuralgia. Namun,vaksin cacar ular ini tidak boleh digunakan oleh orang yang mengalami penurunan kekebalan tubuh, seperti HIV.

 

Baca juga :

Herpes Zozter dan Vaksin Herpes Zoster
Cacar air dan vaksin cacar air
Pentingnya vaksin cacar dan campak
Manfaat dari vaksin cacar air
Balita rentan terkena penyakit cacar
Vaksinasi Influenza

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.

error: Content is protected !!