Vaksin Cacar – Manfaat Dari Vaksin Cacar Air

Cacar air merupakan penyakit yang menyerang permukaan kulit, cacar air atau dalam bahasa kedokteran yaitu Varicella simplex merupakan salah satu penyakit yang menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster.

Banyak mitos tentang penyakit ini, ada yang mengatakan bahwa lebih baik saat anak-anak dikenakan cacar air sehingga saat dewasa tidak akan kena lagi. Hal ini adalah mitos yang keliru. Justru dengan seseorang pernah memiliki riwayat cacar air, selanjutnya akan berkesempatan terkena penyakit herpes atau cacar ular.

Masa inkubasi penyakit ini berlangsung selama 14 – 16 hari. Gejala prodromal yang timbul pada 2 hari pertama berupa demam yang tidak terlalu tinggi, malaise, dan nyeri kepala. Selanjutnya akan timbul erupsi kulit berupa papul eritematosa yang dalam beberapa jam berubah menjadi vesikel dengan bentuk khas berupa tetesan embun (tear drops) dan dapat timbul rasa gatal. Vesikel ini kemudian berubah menjadi pustula dan krusta (keropeng).

Penyebaran vesikel terutama di badan, kemudian menyebar secara sentrifugal ke muka dan ekstrimitas. Virus ini juga dapat menyerang selaput lendir mata, mulut serta saluran nafas bagian atas.

Pencegahan pada individu yang belum mendapat imunitas terhadap cacar air adalah dengan menghindari kontak dengan individu yang terinfeksi cacar air atau dengan pemberian vaksin varisela.

Vaksin Cacar / Varicella- Zoster

Sejak tahun 1995 sudah ditemukan vaksin cacar untuk mencegah cacar air di Amerika.

Vaksin cacar ini merupakan vakin hidup yang dilemahkan. Mulai digunakan secara luas di Amerika dan diperuntukkan bagi individu yang berusia 12 bulan atau lebih.

Individu yang tidak memiliki imunitas terhadap Virus ini sebaiknya mendapatkan 2 dosis vaksin “single-antigen”.

Siapa yang membutuhkan Vaksin Cacar Air?

  • Individu yang memiliki kontak dekat dengan orang yang memiliki risiko tinggi untuk terinfeksi (petugas kesehatan, keluarga dari pasien dengan daya tahan tubuh lemah).
  • Individu yang berisiko terpajan cacar air berkaitan dengan profesinya : guru, petugas kesehatan, staf medis, mahasiswa, anggota militer, wanita usia subur yang belum hamil, orang yang sering bepergian/ wisatawan.
  • Mempunyai rencana hamil di masa yang akan datang
  • Orang yang hidup satu rumah dnegan anak-anak
  • Berencana untuk bepergian ke luar negri.

Manfaat Vaksin Cacar Air

Vaksin varicella-zoster dapat mencegah timbulnya varisela pada sebagian besar individu. Tetapi apabila tetap timbul infeksi cacar air pada individu yang telah divaksin, gejala klinisnya akan lebih ringan dan penyembuhannya cenderung lebih cepat.

 

Baca juga :

Herpes Zozter dan Vaksin Herpes Zoster
Apa itu vaksin cacar ular?
Cacar air dan vaksin cacar air
Pentingnya vaksin cacar dan campak
Balita rentan terkena penyakit cacar
Vaksinasi Influenza

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.