Vaksin BCG – Hindari Penyakit TBC Pada Anak Dengan Imunisasi BCG

Vaksin BCGBCG merupakan kependekan dari Bacillus Calmette–Guérin, sesuai dengan namanya penemunya. Vaksin BCG mengandung kuman Baccile calmette Guerin yang dibuat dari bibit penyakit/ kuman hidup yang sudah dilemahkan. Manfaat imunisasi Vaksin BCG adalah untuk mencegah seseorang terkena penyakit tuberkulosis (TB). Imunisasi BCG merupakan salah satu jenis imunisasi yang wajib diberikan kepada bayi. Tujuan imunisasi BCG tidak untuk mencegah TBC tetapi mengurangi risiko TBC berat seperti TBC meningitis dan TBC miliar.

Bakteri penyebab tuberculosis ini sangat mudah menular melalui udara pernafasan. Penyakit ini menimbulkan gejala antara lain batuk yang sulit sembuh disertai kesulitan bernafas, demam tinggi, berkeringat dan nafsu makan sangat rendah. Tuberkulosis dapat menyebabkan kematian.

Dosis BCG yang diberikan
Vaksin BCG diberikan pada bayi berumur kurang dari atau sama 2 bulan secara suntik intrakutan di daerah insersio muskulus deltoideus kanan, dosis untuk bayi umur kurang 1 th 0,05 ml dan anak umur 5 th dosisnya 0,10 ml. Efek proteksi terjadi 8-12 minggu setelah penyuntikan dan vaksin ini tidak boleh terkena sinar matahari disimpan pada suhu 2-8 C, tidak boleh beku serta vaksin yang telah diencerkan harus dibuang dalam 8 jam.

Sebelum penyuntikan vaksin ini harus dilarutkan terlebih dahulu dengan 4cc pelarut/ NaCl 0,9%.sudah terjangkit penyakit TBC atau tidak, apabila positif (+) tidak perlu diberikan inumisasi karena kekebalan yang diperoleh anak tidak 100 %. Imunisasi BCG tidak dapat menjamin 100% anak akan terhindar penyakit TBC. Tetapi, seandainya bayi yang telah diimunisasi BCG terjangkit TBC, maka ia hanya akan menderita penyakit TBC ringan ,tidak  TBC berat seperti TBC tulang dan TBC selaput otak.

Imunisasi yang diberikan pada anak umur diatas 2 bulan harus dilakukan tes mantouk terlebih dahulu , untuk mengetahui apakah anak sudah menderita TBC apa tidak. Pada imunisasi BCG, umumnya jarang dijumpai efek samping. Memang, kadang terjadi pembengkakan kelenjar getah bening setempat yang terbatas, tapi biasanya sembuh dengan sendirinya walaupun lambat.
.

Baca juga:

Anak dan Dewasa butuh immunisasi/vaksinasi
Imunisasi pada bayi, pencegahan utama dari penyakit
Pentingnya imunisasi/vaksin pada bayi
Vaksin kombinasi yang merangsang sistem kekebalan tubuh untuk anak
Vaksin PCV untuk anak anda
Vaksin HIB untuk anak anda

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.

error: Content is protected !!