Vaksin Adalah Antigen Pembentuk Antibodi

Vaksin Adalah Antigen Pembentuk Antibodi

vaksin adalah

Vaksin adalah sesuatu hal yang penting dan wajib untuk dilakukan khususnya bagi kesehatan. Meskipun tidak semua penyakit memiliki vaksin, namun sesuatu yang endemis dan juga sering menjadi wabah adalah penyakit wajib yang masuk daftar vaksin. Vaksin adalah sebuah bahan yang bersifat antigenik dan bisa digunakan untuk kemudian memberikan antibodi atau kekebalan aktif untuk tubuh sehingga mengurangi resiko penyakit tersebut.

Vaksin Adalah Zat Penting yang Wajib Diberikan Untuk Tubuh

Bukan berarti jika Anda divaksin, maka Anda tidak akan pernah terkena penyakit itu. Efeknya dapat berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Satu orang bisa saja tetap sehat meskipun penyakit itu sedang mewabah. Satu orang lainnya mungkin sakit namun tidak parah atau dengan kata lain hanya tertular penyakit biasa.Vaksin adalah bahan yang digunakan untuk memberikan stimulasi sekaligus merangsang pembentukan kekebalan antibodi yang dimasukkan ke tubuh manusian melaluin suntikan atau dari mulut.

Vaksin merupakan kuman yang dilemahkan dan diberikan kepada tubuh lewat suntikan seperti BCG, DPT, dan campak.lewat mulut contohnya vaksin polio dan semuanya berguna untuk merangsang zat kekebalan tubuh atau antibodi. Sementara menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI yaitu No. 42 th. 2013, vaksin merupakan antigen yang bentuknya adalah mikroorganisme yang mati namun ada pula yang hidup hanya telah dilemahkan dan beberapa bagiannya masih utuh atau telah diolah.

Vaksin juga dapat berbentuk sebagai mikroorganisme yang dirubah menjadi toksoid atau protein rekombinan dan bisa menyebabkan efek kebal yang spesifik khususnya bagi penyakit yang berhubungan dengan vaksin itu. Dikarenakan telah dilemahkan, maka vaksin tidak akan menimbulkan bahaya apapun. Edward Jenner adalah yang pertama kali menemukan vaksin ini di tahun 1796 dan beliau adalah dokter Inggris yang pekerjaannya pada mulanya hanya meneliti orang yang terkena penyakit cacar.

Kemudian yang terkena cacar diberikan vaksin cacar sapi yang ringan. Cairan ini diambil langsung dari luka penderita cacar dan dioleskan pada anak yang berusia 8 tahun. Kemudian ini berhasil dan Jenner memberi nama sebagai vaksin. Berawal dari situlah, banyak pula yang meneliti tentang vaksin ini dan memberikan pendapat vaksin adalah zat penting yang harus diberikan sejak dini sehingga bisa melindungi seseorang sejak lama.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

nineteen − 4 =