Tetap Sehat Saat Tua Dengan Melakukan Imunisasi

Layaknya bayi dan balita, para lanjut usia (lansia) biasanya juga memiliki daya tahan tubuh lemah. Bila pada bayi dan balita, sistem imunnya lemah karena belum terbentuk sempurna. Maka pada lansia, ibarat mesin yang sudah ‘aus,’ sistem imunnya melemah atau fungsinya menurun karena dimakan usia.

Oleh karena itu Penurunan sistem imun ini membuat sistem imun lansia berespon tidak secepat dan seefektif sebelumnya. Alhasil, para lansia sangat mudah mengalami komplikasi infeksi, serta meningkatkan kemungkinan kejadian keganasan.

Penurunan sistem imun lansia biasanya terjadi meliputi perubahan pada tingkat intrasel, biokimiawi, protein dalam membran sel maupun pada organ tubuh. Pertahanan tubuh nonspesifik pun, seperti sekresi mukus, ikut berkurang.

Berkurangnya fungsi kontraksi dan fungsi otonom di sistem pernapasan dan saluran kemih pada lansia, menambah kemungkinan bertambahnya kuman dalam sistem tersebut. Penurunan juga terjadi pada fungsi fagosit, termasuk mobilisasi, fagositosis, proses intraseluler.

Oleh karena itu, imunisasi pada lansia sangat penting dilakukan layaknya pada bayi dan balita. Ada dua macam imunisasi, yaitu aktif dan pasif. Imunisasi aktif adalah imunisasi yang dilakukan dengan merangsang tubuh membentuk zat antibodi sendiri, setelah memasukkan virus atau kuman yang sudah dimatikan atau dilemahkan ke dalam tubuh. Sedangkan pada imunisasi pasif, zat yang dimasukkan dalam tubuh sudah dalam bentuk antibodi, jadi tubuh tidak membuat antibodi sendiri.

Di Amerika Serikat, pemerintahnya telah mengadakan suatu program wajib untuk mencegah influenza dan pneumonia pada lansia. Sementara di Indonesia, imunisasi pada lansia belum menjadi suatu program massal, seperti pada bayi dan anak.

Di Tanah Air, program massal imunisasi pada lansia biasanya hanya dilakukan pada para calon jemaah haji. Meski demikian, saat ini sudah mulai dilakukan vaksinasi pneumokok, influenza, hepatitis, tetanus, pertusis, difteri, dan meningitis meningokokus.

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.