TATA LAKSANA TES MANTOUX

Tes Mantoux (tes kulit TBC) adalah cara yang mudah dan tidak berbahaya untuk mengetahui apakah seseorang terkena infeksi TBC laten.

Tes Mantoux menggunakan Reagen PPD 5 TU atau PPD 2 TU yaitu suatu protein dari bakteri TBC yang dimasukkan melalui kulit. Biasanya setelah disuntikkan, Dokter akan menandai lengan Anda dengan spidol.

Bagaimana cara merawat lengan setelah tes kulit TBC?

  • Jangan menutupi area tes dengan perban atau plester.
  • Berhati-hatilah agar tidak menggosok atau menggaruknya.
  • Jika area tes terasa gatal, kompres dingin di atasnya.
  • Lengan boleh dicuci tapi jangan sampai batas spidol hilang (jangan menggosok dengan keras di area suntikan).

TES MANTOUXReaksi terhadap tes ini tampak seperti sebuah benjolan. Petugas layanan kesehatan akan mengukur ukuran reaksi. Jika ada benjolan, akan hilang dalam beberapa minggu.Dokter akan meminta Anda kembali 2 atau 3 hari setelah tes kulit TBC untuk menilai hasil tes Mantoux itu positif atau negatif. Anda harus kembali ke Dokter walaupun lengan Anda tampak baik-baik saja.

Apa artinya Mantuk negatif ?

Mantuk disebut NEGATIF jika tidak ada benjolan (atau benjolannya sangat kecil) di tempat cairan disuntikkan. Tes kulit TBC negatif biasanya berarti Anda tidak menyandang TBC

Apa artinya Mantuk positif?

Tes dikatakan positif jika ada benjolan berukuran 10 mm di tempat cairan disuntikkan. Jika tes ini positif, artinya Anda menderita infeksi TBC laten. Untuk memastikan, dokter akan memeriksa Anda dan meminta Anda men jalani ronsen dada. Anda mungkin perlu tes lain untuk melihat apakah Anda terkena penyakit TBC aktif.

Walaupun Anda pernah mendapat vaksin BCG, Anda dapat menjalani tes kulit TBC.

  • Orang-orang yang pernah mendapat vaksin BCG masih dapat terkena infeksi TBC laten dan penyakit TBC aktif.
  • Vaksin BCG dapat membantu melindungi anak kecil agar tidak sakit parah akibat TBC. Perlindungan ini menghilang sejalan dengan bertambahnya usia.
  • Vaksin BCG kadang-kadang menyebabkan reaksi positif pada tes kulit TBC. Namun jika Anda bereaksi positif terhadap tes kulit TBC, ini mungkin disebabkan oleh kuman TBC dalam tubuh Anda – bukan oleh vaksin BCG.

Biaya Tes Mantoux

Biaya untuk menjalani tes ini bervariasi. Antara Rp 200.000 ,- hingga Rp 300.000,- tergantung di fasilitas kesehatan mana dilakukannya pemeriksaan Mantoux ini.

Jangan takut menjalani tes Mantoux. TBC dapat disembuhkan !

Walaupun Anda pernah mendapatkan vaksin BCG, Anda tetapi dapat menjalani tes kulit TBC.

Infeksi TBC banyak terjadi di lingkungan kita, 80 persen dari penduduk Indonesia pernah terpapar oleh kuman ini, namun belum tentu menjadi sakit. Tujuh dari 10 penduduk Indonesia pernah sakit TBC. Oleh karena itu jangan ragu-ragu untuk mengambil tes ini.

Beberapa bayi dan anak yang pertumbuhannya terhambat sangat dianjurkan untuk menjalani tes ini. Tes Mantuk juga biasanya dilakukan bagi orang dewasa sebagai syarat bepergian ke beberapa negara di dunia.

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.