Suntik TT Pada Calon Pengantin

Tetanus Vaccination

Suntik TT bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit tetanus, yaitu suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Clostridium Tetani. Penyakit ini ditandai dengan gejala panas tinggi dan kejang-kejang sebagai akibat racun yang dikeluarkan oleh kuman tersebut.

Tetanus merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian baik pada ibu maupun bayi apabila terkena. Oleh karena itu, pencegahan terhadap penyakit ini sangat penting dilakukan, salah satunya dengan suntik TT.

Suntik TT direkomendasikan pada wanita yang termasuk kategori Wanita Usia Subur (WUS), yaitu wanita berusia 15-39 tahun, termasuk ibu hamil dan calon pengantin. Imunisasi ini diberikan beberapa kali dalam interval waktu tertentu untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal dalam waktu yang lama.

Waktu yang tepat untuk pemberian suntik TT pada calon pengantin adalah 2-6 bulan sebelum menikah untuk memberikan waktu bagi tubuh untuk membentuk zat kekebalan terhadap penyakit (antibodi). Kemudian dilanjutkan sesuai dengan waktu yang direkomendasikan.

Berikut adalah waktu suntik TT yang direkomendasikan dan lama perlindungannya :

  • TT1 diberikan sebagai langkah awal perlindungan terhadap tetanus.
  • TT2 diberikan 4 minggu setelah TT1 dan dapat memberikan perlindungan selama 3 tahun.
  • TT3 diberikan 6 bulan setelah TT2 dan dapat memberikan perlindungan selama 5 tahun.
  • TT4 diberikan 12 bulan setelah TT3 dan dapat memberikan perlindungan selama 10 tahun.
  • TT5 diberikan 12 bulan setelah TT4 dan dapat memberikan perlindungan selama 25 tahun atau lebih.

Apabila Anda sudah mendapat imunisasi TT 5 kali, maka suntik TT tambahan tidak diperlukan lagi. Namun jika Anda baru mendapat imunisasi TT satu kali ketika sebelum menikah, maka Anda tetap harus mendapat imunisasi TT lagi agar mendapat perlindungan yang maksimal.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

twenty − 10 =