Resume Penyakit Campak (Measles)

Ada beberapa nama penyakit yang mirip, Campak- Cacar air – Cacar – Campak Jerman, adalah 4 penyakit yang berbeda. Nama lain campak adalah Rubeola, atau disebut juga dengan campak dengan bintik kasar. Bahasa Inggrisnya Measles, atau orang Indonesia jaman dulu, menyebutnya Tampek.

Penyebab campak adalah measles virus (MV), genus virus morbili, famili paramyxoviridae.

Jika anak Anda terkena virus campak, akan tampak kemerahan pada kulit, batuk pilek, meler, itirasi pada mata dan demam. Gejala ini dapat berlanjut menjadi infkesi telinga, pneumonia (radang paru), kejang, kerusakan otak dan kematian.

Apa Gejala Campak ?

Selain demam yang makin lama makin tinggi,  3 C adalah gejala khas campak. 3 C singkatan dari : coryza, cough and conjuctivitis (Batuk – pilek – mata merah).

Gejala mulai tampak sekitar 10-14 hari setelah seseorang terinfeksi oleh virus rubeola. Ini disebut dengan periode inkubasi. Selama periode ini, virus beranak pinak. Gejala berlangsung selama 2 fase,

  • Fase awal dimulai dengan : Demam, rasa letih, batuk, mata merah, meler, hilang nafsu makan.
  • Bercak kemerahan muncul 2 sampai 4 hari setelahnya.
    • Bercak kemerahan biasanya diawali dari wajah, menyebar ke badan kemudian ke tangan dan kaki.
    • Bercak ini awalnya berbentuk tonjolan kecil berwarna merah (bintil)yang jika ditekan seakan hilang. Dari kejauhan, sekilas bercak tampak seragam merahnya.
    • Padaorang campak, akan muncul Koplik spot, yaitu suatu bercak abu- abu kecil sebesar ujung jarum di pipi bagian dalam.
    • Hilangnya ruam menuju ke bawah pada urutan yang sama dengan ketika ruam muncul. Bercak- bercak di badan ini tidak gatal tapi setelah sembuh, akan meninggalkan bercak kehitaman seperti terbakar sinar matahari.

Walaupun campak ini biasanya ringan, namun komplikasi serius mungkin terjadi. Campak ini membuat orang mudah terkena pneumonia dan infeksi bakteri telinga dan muncul komplikasi terseringnya yaitu diare. Pneumonia sebagai komplikasi dari campak sangat berbahaya jika terjadi pada bayi dan bertanggung jawab pada kematian bayi. Radang pada otak terjadi pada 1 tiap 1.000 kasus campak dan ini fatal.

Campak ini menjadi sangat parah pada orang yang sistem imunitasnya lemah, termasuk HIV dan malnutrisi.

Bagaimana Cara Penularan Campak?

Campak menyebar melalui pernapasan, secara kebetulan menghidup droplet yang berisi virus campak atau dengan cara kontak langsung dengan tissue bekas bersin atau buangan dahak orang yang sedang campak. Virus ini masuk melalui saluran pernafasan terutama bagian atas, juga kemungkinan melalui kelenjar air mata.

Virusnya sangat infeksius (mudah menular) dan droplet di udara ini dapat menginfeksi orang dalam ruangan, bahkan 30 menit setelah orang tersebut meninggalkan ruangan, dan jika ada orang sehat masuk ke ruangan tersebut, akan terinfeksi.

Seseorang dapat menularkan campak mulai dari 3 sampai 5 hari sbelum bintik- bintik muncul sampai  4 hari setelahbintik-bintik tersebut timbul.

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.

error: Content is protected !!