Pneumonia: Ancaman Bagi Manula

Penyakit manulaPneumonia sering disebut-sebut sebagai penyakit para manula. Mengapa demikian?

Pneumonia merupakan salah satu penyebab kematian bagi mereka yang berusia di atas 65 tahun. Dalam beberapa kasus, pneumonia disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumonia. Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), setiap tahun selalu lebih banyak korban meninggal karena pneumonia daripada korban kecelakaan.

Mengapa penyakit Pneumonia sangat berbahaya? Apakah penyebabnya? klinikvaksinasi.com memiliki jawabannya.

Pneumonia adalah infeksi pada paru-paru dan komplikasinya adalah kematian pada segala usia. Pneumonia bukan hanya menyerang manula namun juga anak-anak yang berusia 5 tahun kebawah. Dr. William Schaffner, salah satu anggota dari Departemen Pencegahan dan Pengobatan Penyakit dari School of Medicine of Vanderbilt University, Amerika Serikat memiliki pendapat mengenai Pneumonia ini.

Seperti yang dikutip oleh AgingCare.com, Schaffner memberikan empat alasan mengapa Pneumonia menyerang manula. Empat alasan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

Lemah

Biasanya orang tua memiliki kondisi tubuh lebih lemah dari mereka yang berusia lebih muda.

Imun Sistem Lemah

Manula cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan karena itu mereka tidak dapat melawan infeksi. Selain itu, sistem kekebalan ditekan mungkin karena organ atau transplantasi sumsum tulang, kemoterapi (pengobatan untuk kanker), atau penggunaan steroid jangka panjang.

Operasi

Mereka yang pernah menjalani operasi cenderung memiliki kondisi kesehatan yang rentan . Mereka yang sudah atau sering mendapatkan obat nyeri ternyata cenderung untuk mengambil napas dangkal.

Lalu, bagaimana kita mengetahui gejala-gejala pneumonia ini? Sebenarnya kebanyakan pneumonia dapat diketahui melalui gejala- gejala ringan seperti demam, batuk dengan dahak (batuk berlendir), sesak nafas, dan cepat merasa lelah. Kelelahan dan kebingungan adalah beberapa gejala yang mudah ditemukan pada penderita pneumonia yang sudah berusia lanjut.

Tahun 2010, pneumonia bersama influenza disinyalir sebagai dua dari banyak penyakit yang berkomplikasi kepada kematian dan banyak menyerang mereka yang sudah lanjut usia. Menurut National Center for Health Statistics, 1 dari 20 orang dewasa yang menderita Pneumonia meninggal sejak 5 tahun terakhir ini. Inilah yang membuat Pneumonia penyakit yang berbahaya jika tidak ditangani dengan baik.

Namun ada satu cara yang dapat dilakukan mencegah hal ini terjadi. Apakah itu? Jangan lewatkan artikel kami selanjutnya yang membicarakan mengenai pencegahan penyakit di usia senja.

Author Info

No Comments

Post a Comment

five × 5 =