Pilihan Imunisasi DPT untuk Bayiku

Semua ibu di Indonesia sudah tahu bahwa bayi wajib divaksin DPT (Difteri- Pertusis – Tetanus ) pada usia 2-4-6 bulan kehidupannya. Banyak jenis vaksin DPT yang beredar di pasaran, ada yang dengan demam, tanpa demam , dan berbagai merk tersedia. Yang manakah yang seharusnya Bunda pilih ?

Tidak perlu bingung, Bunda. Semua vaksin yang beredar, asalkan isinya D-P-T dapat digunakan pada sang buah hati. Mari kita kupas satu persatu apa yang tidak pernah dijelaskan oleh dokter anak Anda.

DPT produksi Biofarma (perusahaan Indonesia)

Biofarma membuat 2 jenis vaksin DPT, yaitu DPT biasa yang sudah beredar di puskesmas dan juga Pentabio. Disebut penta-bio ini karena dalam 1 vaksin berisi 5 vaksin yaitu Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, dan Polio inaktif. Jadi penggunaannya jika ingin memberikan merk Biofarma ini, pada bulan ke 2 dan ke 4, bayi diberikan DPT biasa, kemudian saat 6 bulan, untuk mengurangi jumlah suntikan, dapat diberikan Pentabio. Vaksin buatan Indonesia ini sangat terjangkau harganya. Kekurangannya, buatan Biofarma ini, masih menimbulkan demam yang cukup tinggi karena komponen pertusis yang digunakan masih berupa 1 sel utuh.

DPT produksi Glaxo Smith Kleine (perusahaan Belgia)

Glaxo smith kleine memiliki banyak versi DPT, mereka menamakannya Infanrix :

-          Infanrix : isinya D-P(a)-T

-          Infanrix Hib : isinya D-P(a)-T + Hib

-          Infanrix Hib – IPV: isinya D-P(a)-T + Hib +Polio inaktif

-          Infanrix Hexa : isinya D-P(a)-T + Hib +Polio inaktif + Hepatitis B

Kelebihan dari DPT buatan Glaxo ini adalah komponen pertusis yang digunakan adalah komponen aseluler, jadi demam yang ditimbulkannya hanya ringan dan dalam waktu yang cepat, demam akan hilang, bahkan beberapa bayi tidak mengalami demam. Juga Glaxo memberikan bentuk sediaan yang banyak (vaksin kombo) sehingga memungkinkan pemberian kombinasi vaksin pada bayi sesuai dengan jadwalnya. Dengan pemberiak Infanrix Hexa pada bulan ke-6 pun, Bayi Anda akan sangat nyaman karena mengurangi 1 suntikan (Hepatitis B) pada pahanya.

Catatan : Hib (Hemofilus influenza tipe B- penyebab radang otak pada bayi) berbeda dengan Hepatitis B (penyebab radang liver) dan berbeda pula dengan vaksinasi influenza (penyebab pilek dan demam tinggi)

DPT produksi Sanofi (perusahaan Prancis)

Sanofi pun memiliki beberapa jenis DPT :

-          Tripacel : isinya DPT

-          Tetract Hib : isinya D-P(a)-T + Hib

-          Pediacel : isinya D-P(a)-T + Hib +Polio inaktif

Kelebihan vaksin Pediacel adalah. Namun  Sanofi belum memiliki sediaan vaksin dengan 6 konten yang mengandung Hepatitis B, sehingga pada bulan ke-6 nya, buah hati Anda tetap menerima tambahan 1 suntikan yaitu vaksin Hepatitis B.

Semua vaksin di atas memiliki efektifitas yang sama dalam mencegah penyakit DPT. Memang harga vaksin kombo lebih mahal daripada harga vaksin di Puskesmas. Namun demi kenyamanan sang buah hati Anda, vaksinasi kombo ini lebih banyak diminati oleh kaum menengah ke atas yang mementingkan kenyamanan Sang Bayi. Bagaimana dengan Anda ?

Konsultasikan Rencana Vaksinasi Bayi Anda dengan dokter kami.

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.

error: Content is protected !!