Persiapan Sebelum Menikah

pernikahan2Pernikahan adalah kemitraan seumur hidup. Pernikahan harus selalu bertujuan untuk membuat pernikahan yang kuat dan dasar yang stabil untuk menjalin struktur yang lebih besar dari masyarakat. Ada beberapa hal yang dilakukan sebagai langkah persiapan untuk menikah.

Konseling Pranikah

Konseling pranikah sangat penting dan membantu terutama di negara-negara berkembang. Hal ini dikarenakan banyak kali gadis-gadis muda dan anak laki-laki berencana untuk menikah pada usia dini yang tidak mengetahui tentang status kesehatan mereka & konsekuensi dari awal kehamilan. Pemeriksaan staus kesehatam ini penting untuk memperkuat pernikahan dan membuatnya berhasil. Konseling pra-nikah adalah sumber yang baik untuk belajar lebih banyak tentang satu sama lain dan jenis terapi dimaksudkan untuk membantu mengembangkan tingkat yang lebih dalam komunikasi. Komunikasi yang baik adalah penting dalam setiap hubungan tetapi terutama dalam pernikahan.

Ide di balik konseling pranikah adalah bahwa remaja perlu memperkuat hubungan mereka sebelum mengikat simpul sehingga seseorang dapat sepenuhnya siap untuk menghadapi tantangan dan konflik yang setiap beberapa pasti menghadapi di beberapa titik dalam pernikahan mereka. Entah seberapa baik mereka mengenal satu sama lain, kehidupan setelah menikah tentu saja akan berbeda dengan tanggung jawab baru dan tugas yang datang. Jadi mendapatkan kegugupan sebelum menikah sangat normal.

Komunikasi yang baik sangat penting untuk pernikahan yang berhasil. Selama konseling pranikah, mereka belajar lebih banyak tentang gaya komunikasi satu sama lain dan mendiskusikan metode untuk komunikasi yang efektif. Teknik ini akan sangat meningkatkan peluang mereka memiliki komunikasi yang baik selama pernikahan dan bermanfaat kepada kebahagiaan dalam pernikahan mereka juga.

Cek Kesehatan Sebelum Menikah

Pemeriksaan kesehatan premarital sedikit berbeda dengan pemeriksaan kesehatan sebelumnya. Premarital health screening terdiri dari terdiri dari berbagai macam tes dimaksudkan untuk dilakukan sebelum menikah. Tes ini akan membantu mengidentifikasi masalah kesehatan potensial di antara calon pasangan hidup . Juga akan membantu untuk mendeteksi beberapa penyakit keturunan, gangguan kronis dan infeksi.

Mengapa penting untuk melakukan tes pranikah?

o   Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk melakukan beberapa tes yangs ebelumnya belum pernah dilakukan.

o   Anemia sel sabit dan talasemia adalah penyakit keturunan yang umum dan karena penyakit ini hanya diwariskan dari orang tua untuk anak-anak, tes pranikah akan menentukan risiko dan mitra masa depannya memiliki anak dengan kelainan darah yang berbahaya ini.

o   HIV dan Hepatitis B dan C adalah penyakit yang mengancam kehidupan. Infeksi virus dapat ditularkan melalui darah, hubungan seksual, dan cairan tubuh. Pengujian untuk infeksi ini sangat penting karena virus dapat tetap aktif selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun pada seseorang tanpa menunjukkan gejala apapun. Menikahi seseorang yang membawa tesis penyakit akan menempatkan ibu & bayinya berisiko mendapatkan infeksi.

o   Dengan diagnosis dini dan pengobatan yang tepat operator virus HIV atau virus hepatitis dapat menjaga gejala di bawah kontrol dan mengurangi risiko komplikasi serius.

Pemeriksaan kesehatan sebelum menikah meliputi beberapa hal berikut ini seperti:

Tes skrining meliputi :

o    Umur dari individu apakah awal atau akhir pernikahan

o    Pemeriksaan fisik termasuk tinggi, berat , BP dan karakter seks sekunder

o    Riwayat menstruasi dan setiap gangguan yang berhubungan dengan itu

o    Status Vaksinasi Hepatitis -B termasuk dan Rubellao    H / O Kecanduan terhadap narkoba tertentu , Narkotika , ganja , alkohol , merokok dll

o    penilaian Psychiatric

o    Pemeriksaan untuk semua sistem organ untuk setiap penyakit seperti TB , Diabetes , Penyakit jantung dllo    Status keturunan Anda untuk menyingkirkan kelainan genetik

Pencegahan agar virus tidak berkembang menjadi penyakit yang membahayakan masa depan keluarga dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan melakukan imunisasi sebelum menikah. Informasi mengenai imunisasi pranikah atau yang lebih dikenal dengan vaksinasi sebelum menikah dapat dibaca dalam tulisan kami selanjutnya.

 

Author Info

No Comments

Post a Comment