Pernikahan Harmonis Membuat Anda Lebih Sehat?

Memiliki pernikahan yang harmonis merupakan dambaan setiap pasangan yang sudah menikah. Namun, tahukah Anda pernikahan harmonis juga membuat Anda lebih lama?

Benarkah?

Pernikahan HarmonisTahun 2014 silam Dinas Kesehatan Amerika Serikat menemukan fakta menarik, pasalnya pasangan yang rentan dengan penyakit adalah pasangan-pasangan yang hidup bersama tanpa ikatan pernikahan. Pasangan yang sudah menikah memiliki ketahanan tubuh yang baik.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Menurut penelitian yang dilakukan oleh U.S National Center for Health Statistic (NCHS), pasangan yang sudah atau sedang merencanakan pernikahan kemungkinan lebih sering memeriksakan kesehatan mereka. Hal ini menyebabkan pasangan ini lebih cepat mengetahui jika penyakit menghadang mereka, karena tes kesehatan meliputi tes tensi darah dan kolesterol. Penelitian ini dilakukan pada pria dewasa.

Sebenarnya tidak jelas mengapa hal seperti dapat terjadi. Stephen Blumberg, asisten direktur NCHS sekaligus pemimpin penelitian ini mengakui belum ditemukan alasan pasti mengapa pria dewasa yang sudah menikah memiliki kesehatan lebih baik daripada pria lajang. Blumberg memastikan bahwa kemungkinan besar wanita memiliki peranan penting dalam hal ini.

Timothy Smith, Professor Psikologi dari Unversity of Utah di Salt Lake City, Amerika Serikat memiliki pendapat yang tidak jauh berbeda dari hasil penelitian ini. “Banyak yang sudah meneliti pengaruh hubungan intim terhadap kesehatan pria. Beberapa diantaranya menunjukkan bahwa pria terbukti memiliki kesehatan yang lebih baik.

Sosiolog dari University of Chicago, Linda Waite juga memperkuat hasil penelitian ini dengan asumsinya mengenai peranan pernikahan. “Pasangan suami-istri seharusnya saling menjaga dan mengingatkan.”

 

Author Info

No Comments

Post a Comment

12 + sixteen =