Perkembangan Vaksin TBC yang Penting

Perkembangan Vaksin TBC yang Penting

vaksin tbc

Sejak bayi, seseorang sudah diberikan imunisasi yang berguna untuk melindungi tubuh dengan membentuk sistem kekebalan sehingga mereka menjadi kebal dari penyakit tersebut. Hal ini termasuk pada pemberian vaksin TBC atau yang lebih dikenal dengan nama vaksin BCG yang merupakan bentuk pencegahan dari penyakit paru atau Tuberculosis. Bagaimana vaksin ini dapat berkembang dan wajib untuk diberikan kepada semua orang.

Sejarah Munculnya Vaksin TBC

Vaksin BCG atau yang lebih dikenal dengan vaksin TBC ini dibuat dari Mycobacterium Bovis yang merupakan sebuah baksil tuberculosis yang telah berhasil dilemahkan. Vaksin ini sangat berguna untuk membentuk kekebalan tubuh sehingga bisa mencegah tertularnya maupun resiko berbahaya dari TBC hingga 85% selama sekitar 15 tahun. Dokter Albert Calmette merupakan orang pertama yang menemukan vaksin ini dan rupanya sudah dikembangkan sejak tahun 1906. Namun di tahun 1921, barulan Basil ini berhasil dikembangkan.

Artinya sudah tidak berbahaya lagi dan sangat aman untuk Anda gunakan sebagai antibodi atau pertahanan tubuh yang utama dari penyakit TBC. Uji coba pertama kali juga dilakukan di tahun yang sama yaitu 1921 pada bayi yang lahir di Perancis. Namun kendala dan pertentangan juga selalu muncul dalam proses pengembangannya dan awalnya pemberian vaksin ini tidak dilakukan dengan rutin karena banyaknya pro dan kontra yang terjadi di beberapa negara khususnya Amerika.

Bahkan terjadi bencana di wilayah Jerman dimana banyak bayi yang meninggal karena penyakit TBC padahal mereka baru saja diimunisasi. Barulah Universitas Illinois yang ada di Amerika memperoleh ijin dan lisensi resmi pada tahun 1950 untuk memproduksi vaksin ini dalam jumlah yang besar. Fungsi utamanya jelas untuk mencegah penyakit TBC yang disebabkan oleh kuman. Kuman ini dikenal dengan Mycobacterium Tuberculosis dan sangat cepat bahkan mudah sekali menularnya.

Cara penularannya pun dapat beragam seperti melalui uap air atau udara yang dikeluarkan oleh mereka yang menderita penyakit ini seperti batuk, nafas dan juga bersin. Di Indonesia, sangat wajib pemberian vaksin ini mengingat Indonesia adalah negara endemis TBC dan penyebaran penyakit ini di dalam negeri begitu mudahnya. Sebaiknya vaksin TBC diberikan sejak bayi sehingga mampu melindungi maksimal hingga mereka besar nanti.

 

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

two + 13 =