Penyakit Mers-Cov – Virus Di Arab Saudi

Apa itu Penyakit MERS-Cov?  Seperti apa gejala-gejala yang ditimbulkannya? Dan, pencegahan apa saja yang dapat Anda lakukan guna menghindari penyakit ini? Meski belum ada laporan mengenai jatuhnya korban di Indonesia, Penyakit MERS-Cov (Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus) tetap harus diwaspadai, terutama pada Jemaah haji yang baru saja kembali dari Arab, negara asal munculnya penyakit ini.

MERS-CoV sendiri disebabkan oleh infeksi virus Corona yang sedang banyak tersebar di arab saudi, salah satu jenis virus yang masih berkerabat dengan virus penyebab SARS. Karena itu, gejalanya pun tak jauh berbeda dengan penyakit SARS, dengan indikasi utama seperti demam, bersin, dan batuk, yang akhirnya berujung pada kematian akibat beberapa komplikasi serius yang terjadi seperti Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS) dengan kegagalan multiorgan, gagal ginjal, koagulopati konsumtif, dan perikarditis serta pneumonia berat.

Pencegahan MERS-Cov

Karena masih tergolong sebagai penyakit baru, belum ada obat yang pasti untuk mengobati penyakit Mers-cov ini, tetapi penyakit ini bisa di cegah sebelum anda melakukan perjalanan untuk berangkat haji dengan mengkonsumsi asupan-asupan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh anda.

Selain itu cara pencegahan penyakit Mers-Cov yang di anggap paling efektif adalah dengan anda melakukan vaksin agar dapat memperkuat imunitas tubuh anda sehingga anda dapat terhindar dari virus corona yang merupakan penyebab penyakit Mers-Cov tersebut.

Namun, bagaimana jika virus ini sudah menjangkiti tubuh Anda? Sama seperti kasus kanker, kuncinya adalah penanganan yang cepat dan tepat karena mutasi virus Corona sangat cepat sehingga lambatnya penanganan diberikan akan semakin meningkatkan angka kematian akibat penyakit ini.

Hingga kini, pengobatan yang diberikan hanya difokuskan pada penanganan akan komplikasi dari penyakit ini. Tindakan isolasi dan karantina mungkin dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit MERS-CoV.

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.